Wisata Malam Kota Metropolitan

IMG_5309

Rangkaian kegiatan rakernas IKA-UT telah usai pada sabtu 28 Januari pukul 17.00wib dengan diakhiri dengan penutupan dari Purek III Dr. Aminudin Zuhairi, M.Ed.

Namun tidak sampai disitu saja acara rakernas ini, sebab Bapak Sekjen IKA-UT Drs H Leles Sudarmanto, MM. memfasilitasi para pengurus IKA-UT dari 34 wilayah di Indonesia untuk mengelilingi kota metropolitan.

Acara ini tergagas atas inisiatif pribadi dari Sekjen IKA-UT Drs H Leles Sudarmanto, MM. agar para pengurus IKA-UT yang sudah datang jauh-jauh dari luar Jakarta agar dapat melihat sisi lain dari kota Jakarta lebih dekat.

Perjalanan wisata ini dimulai pukul 18.00 wib . Sehabis sholat maghrib para peserta sudah berkumpul di bus yang telah disediakan didepan Universitas Terbuka Convention Center.

Sebelum perjalanan dimulai, Bapak Sekjen dengan istrinya memberi sambutan dan ucapan terima kasih kepada para peserta rakernas IKA-UT yang telah menyukseskan jalannya rakernas IKA-UT. Beliau juga meminta maaf  karena tidak dapat menemani para pengurus IKA-UT wilayah berkeliling kota Jakarta. Bapak Sekjen akhirnya menyampaikan agar para peserta wisata ini untuk dapat menikmati perjalanannya mengelilingi kota Jakarta.

Usai Bapak Sekjen melepas para peserta wisata ini, bus yang membawa rombongan pengurus IKA-UT mulai beranjak meninggalkan Universitas Terbuka.

Perjalanan wisata ini bukanlah tanpa pemandu, Ibu Indra Tjahjani Ketua Subbidang Pameran Internasional IKA-UT menjadi pemandu wisata dalam perjalanan mengelilingi kota Jakarta.

Perempuan yang sangat mencintai budaya Indonesia ini membuat perjalanan wisata ini menjadi menarik. Beliau menjelaskan sejarah setiap daerah atau jalan, mall-mall di Jakarta, gedung-pemerintahan hingga rumah makan yang dilewati selama perjalanan.

Perjalanan ini dimulai dari kawasan Ciputat. Budaya macet yang ada di kota Jakarta sudah kami rasakan dari sini. Setelah itu bus rombongan IKA-UT melewati kawasan perumahan elit Pondok Indah. Bu Indra menjelaskan bahwa didaerah ini banyak tinggal artis-artis Indonesia seperti Ahmad Dhani dan Inul Daratista. Kemudian para peserta dihadapkan dengan salah satu pusat perbelanjaan termegah di Indonesia yaitu Pondok Indah Mall.

Ketika bus rombongan IKA-UT memasuki kawasan Senayan mereka semua para peserta wisata sudah dapat merasakan gemerlapkota metropolitan. Gedung-gedung pencakar langit dengan keindahan arsitekturnya menghiasi di kanan-kiri jalan yang membuat mereka kagum akan keindahannya.

Didaerah ini kami juga melewati Stadion Utama Gelora Bung Karno dan kantor TVRI serta kantor Kemenpora. Ketika kami melewati depan gedung DPR/MPR RI para peserta dihadapkan dengan sekumpulan demonstran yang melakukan aksi jahit mulut.

Perjalanan dilanjutkan melewati kawasan Semanggi hingga bunderan Hotel Indonesia. Dikawasan ini para pengurus IKA-UT Wilayah dapat melihat gedung pemerintahan yang dilewati seperti Departemen Agama, Departemen Komunikasi dan Informatika, kantor menteri Sekretaris Negara hingga kantor kepresidenan yang dikenal dengan Istana Negara.

Namun demikian walupun para peserta wisata ini dapat melihat gedung-gedung mewah kota metropolitan, yang menjadi tujuan utama dan yang ingin sekali mereka lihat adalah lokasi tragedi tabrakan maut di halte Tugu Tani depan kantor Departemen Perdagangan.

Walaupun terdengar lucu, namun dapat diakui tragedi tabrakan maut ini menarik banyak simpati orang termasuk para rombongan wisata IKA-UT ini. Ketika rombongan kita hampir melewati lokasi kejadian tragedi Tugu Tani, kemacetan kami rasakan dikarenakan pada malam itu sedang diadakan pengajian untuk mendoakan para korban meninggal dunia yang dilakukan para keluarga korban. Keramaian ini membuat antusias para peserta wisata ini untuk memperhatikan lokasi kejadian barakan maut itu.

Setelah melewati Tugu Tani para peserta langsung diantarkan ketempat penginapan mereka di wisma UT dikarenakan waktu yang sudah larut malam. Para pengurus IKA-UT yang mengikuti wisata ini merasa senang dapat mengelilingi kota Jakarta walaupun hanya sebentar.

Sesampai di wisma UT para peserta wisata mengabadikan moent kebersamaan mereka ini dengan foto bersama didepan gedung wisma UT.(rizki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *