Pada hari Rabu, 1 Januari 2014 Bidang Pengembangan IT IKAUT Pusat di Jakarta melakukan wawancara secara online dengan seorang alumni UT di Bojonegoro Jawa Timur melalui media Face Book, berikut petikannya …

Hadijaya : Saya ingin mewawancarai mbak Rahma via chatting face book untuk dimuat di web alumni UT, siapkah anda kutanyai ?

Rahma : Nopo bapak ? Monggo…

Hadijaya : Obrolan ini nanti saya copy paste menjadi sebuah artikel,… mari wawancaranya kita mulai sekarang !

Rahma : Bapak !… ini wawancara hemat energi hemat biaya lho !, …gak pake kamera shooting…gak pake mix…hehehe… oke monggo bapak.

Hadijaya : iya mbak memang demikian adanya, kita sedang memanfaatkan model komunikasi paling simple diera informasi saat ini.
Oke…. Siapakah nama asli anda, program studi, fakultas, upbjj dan tahun mulai kuliah ?

Rahma : Namaku Wilujeng Rahmawati, SPd
Program study S1- PG PAUD, angkatan 2008.2 mendaftar di UT UPBJJ Surabaya,
Saya dari kampus UT Bojonegoro yang sekarang tampil bagus bapak.
Putri saya ada dua, yang pertama sudah Aliyah kls 1 di Gontor Putri, lalu yang no 2 kls 2 MiN/SD.
Heheee…suamiku ganteng kok … sengaja ngga kutampilkan di FB fotonya ntar di-like temen-teman piye ? … wwkwkwkwkk, namanya pak Muchlis, suamiku yang kerja di bengkel las dirumah sedangkan Rahma yang keluar bantu cari order gitu bapak.
Saya lulus UT Tahun 2013 tapi wisudanya di Bojonegoro padahal aku ingin tau UT Jakarta tapi gak keturutan…hikz sedih. Sebagian teman ke Jakarta bapak tapi bukan karena IP tertentu, malah yang IP-nya dibawah saya kemarin bisa berangkat….huuuwaaaaa sedih.

Hadijaya : Ohh… harapanmu tak sampai, saya jadi ikutan sedih.

Rahma : Hal yang paling saya nantikan setelah kuliah selesai (4 tahun lebih), saya ingin bisa wisuda datang ke UT Pusat di Pondok Cabe, saya ingin lihat langsung UTCC termasuk Perkantorannya….hikz sedih, tapi gak kepanggil, cuma beberapa teman saja yang dikirim kesana dan bukan yang IP-nya lebih dari saya tapi yang dibawah saya. Padahal segala kegiatan yang diselenggarakan UT Bojonegoro sampai ke Surabaya saya selalu ikuti. Pengen buanget,…nasib gak dapat panggilan ke Jakarta bapak, cuma bisa lihat UT Pondok Cabe dikalender dan sampul modul. Lihat kampus Pusat di Jakarta hanya dari gambar aja bapak. Sebgian teman ke jakarta bapak tapi bukan karena IP tertentu malah yang IP dibawah saya kemarin berangkat…huuuwaaaaa sedih.

Hadijaya : Menurut Rahma, mengapa bisa terjadi demikian dan apakah Rahma sudah menanyakan hal tersebut ke UPBJJ Surabaya ?

Rahma : Sebetulnya pihak UT Bojonegoro sudah pernah mengupayakan tahun lalu kakak-kakak ikut smua tapi untuk tahun ini katanya tergantung kuota pak, tapi saya gak permasalahkan karena saya paham bagaimana perjuangan Pak Karni dan Pak Joko untuk seluruh mahasiswa-mahasiswi UT Bojonegoro dan saya juga pernah menanyakan hal itu ke UT Surabaya tapi jawabnya sama saja tergantung UT Pusat yang memberi undangan wisuda.

Hadijaya : mbak Rahma ini seorang wira-usahawan ya ?

Rahma : iya … macam-macam yang bisa dijalankan. Usaha saya dibidang Las, … Alhamdulillah pak Karni di UT Bojonegoro memberi kesempatan kepercayaan pada saya untuk mengerjakan pemasangan kusen aluminium, kaca, pagar stainless dan lemari-lemari.
Saya otodidak bapak, menejemen professional belum menguasai masih belajar supaya bisa menjalankan usaha lebih baik lagi.

Hadijaya : Setelah wisuda dan memperoleh gelar S1, apa yang Rahma lakukan ?, melamar kerja sesuai ijazah ? atau tetap menekuni bisnis bengkel las itu ?.

Rahma : Saya mengajar di Taman Kanak-kanak (TK) sejak masuk kuliah tahun 2008 sampai sekarang. Pingin melanjutkan ke S2 PAUD tapi di UT Bojonegoro belum ada, lagi nunggu informasinya dari UT bapak.

Hadijaya : Mengajar di TK apa namanya ?, dimana ?, … senang gak ?

Rahma : Ngajar di TK Kecamatan DANDER bapak, jarak dari rumah sekitar 12 Km, yaa suweneng banget sama anak-anak.

Hadijaya : Ohh… jadi Rahma nyambi bisnis bengkel las ya kan ?, adakah kendala dalam menjalankan usaha tersebut ?

Rahma : Kalo habis ngajar jam 11.00 Wib pulang, bobok istirahat, lalu habis dhuhur jalan muter mumet keluar kota door to door cari order. Kalo dibisnis kendalanya hanya modal aja, insya Allah sebagian besar konsumen baik karena sebagian dari mereka itu banyak yang dulur bahkan ikut bantu mencarikan order dari orang lain.
Rahma gak di bengkel Las aja tapi juga menangani Plavon gypsum, Lis-plang juga beberapa bulan kemarin belajar memborong bangunan rumah/ renovasi meskipun gak seprofesional pemborong-pemborong yang berpengalamn tapi buat Rahma yang penting pekerjaan bisa terus jalan dan ada hasilnya dulu walau belum banyak dan konsumen akan tau hasil karyaku bagus gak bikin kecewa, dengan semangat begitu akhirnya nemu sodara lagi dan usaha yang kujalankan tetap hidup sampai sekarang tanpa kendala yang berarti.

Hadijaya : Kira-kira berapa besar modal yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha tesebut ?

Rahma : Kalo untuk peralatannya sekarang sekitar 15 sd 20 juta tapi dulu saat Rahma mengawali usaha ini hanya dengan modal 10 juta, kemudian berkembang ceritane bunik bapak…duuh nangis nek ingat awale mbiyen niku.
Modal bahan materialnya tergantung yang dikerjakn, makin rame ya makin banyak butuhnya.

Pager bangunan di UT Bojonegoro adalah hasil karyaku, bikin kusen aluminium, kaca dan pagar serta tenda. Bermula dari sini yaitu diberi pekerjaan menggarap KAMPUS UT BOJONEGORO. Hasilnya lumayan, saya bisa membayar uang kuliah sampai selesai bahkan bisa pula membiayai kuliah adik saya di UT Prodi Bahasa Inggris. Berkat Pak Sukarni yang mempercayai saya, makasih pak Karni dan pak Joko, terimakasihku juga buat UT …. hehehehe.
Itu dulu yang nawarin banyak bapak, ceritanya sewaktu kuliah, saya ketemu bapak tukang parkir motor, lalu saya tanya apakah Gedung baru UT butuh pagar gak ya ?, beliau suruh saya nemui pak Joko dan pak Karni, lalu saya nawarin pagar, beliau jawab sebetulnya sudah banyak yang nawarin. Sayapun yo macak melas ae dan berkata : “kalo bisa jangan dikasih orang luar karena mahasiswa UT sendiri juga bisa kerjakan, itung-itung buat bayar uang kuliah gitu. Akhirnya dari A sampai Z dari semester 2 sampai sekarang masih sering silaturrahmi ke UT.

Hadijaya : Berapa perusahaan yang mbak Rahma miliki sekarang ?

Rahma : Saat ini yang saya punya hanya UD.NANDA LAS, sampai sekarang order yang saya dapat cukup lumayan bukan di bidang Las aja, Rahma juga ingin menggarap perumahan hahahaha…

Hadijaya : Rahma Zamzam nama FB anda, kok pakai nama ujung “Zamzam” bukan Muchlis, kronologisnya gimana ?

Rahma : Saya ikut kelompok musik gamelan Zamzam, lagu-lagu religius, pop islami dari tahun 1997, bapak bisa buka di Youtube “KSMB-Zamzam”, Kelompok Seniman Muda Bojonegoro (KSMB-ZAMZAM) disitu saya sebagai vocalis.

Hadijaya : Video Youtube anda mau saya masukkan juga di web alumni UT, bolehkah ?

Rahma : Monggooo….pagerku pisan bapak…gkgkgkgk..

Hadijaya : OK, lalu bagaimana sebaiknya keberadaan organisasi IKAUT untuk dapat bekerjasama dalam berbisnis dengan para alumni seperti mbak Rahma ini ?

Rahma : Lhaaaaa…gimana nu bapak, bingung aku…? Khan bapak yang tukang mewawancarai jadi coba telusur Alumni UT yang memiliki semangt bisnis, muat saja di web supaya semua bisa saling tau, saling kenal, selanjutnya kerjasama bareng. Kalo aku, ya misale bapak ada proyek mbok ya Rahma dibagehi tho.

Hadijaya : Okelah semoga bisnis mbak Rahma di tahun 2014 makin sukses, hidupmu makin makmur…. amien. Terimakasih atas waktu yang diberikan untuk bincang-bincang ini.

Rahma : Aamiin …makasih do’anya bapak, semoga bapak Hadijaya selalu sehat, panjang umur, penuh berkah. Semoga Tuhan pertemukan kita dalam situasi yang baik.