Sosialisasi Teknologi Tepatguna Budidaya Jamur Kombucha Di Cilebut Bogor

kokomim
Pada hari Sabtu, 16 April 2016 Hadijaya, MPd Ketua II IKAUT Pusat melakukan anjangsana ke komunitas Bela Negara didaerah Cilebut Bogor yang dihadiri sekitar 30 orang pemuda aktifis Resimen Mahakarta. Dalam anjangsana tersebut dilakukan sosialisasi atau pengenalan Jamur Kombucha, yaitu suatu jamur teh yang dapat diminum, bercita-rasa nikmat serta penting untuk menjaga kesehatan.
kombc4
kombc4a
Hadijaya menceritakan bahwa nama kombucha sebetulnya berasal dari dua kata, yaitu kata kombu dan cha. Kombu adalah nama seorang shinse yang hidup pada abad ke-5 Masehi. Sementara itu kata Cha diambil dari bahasa Cina yang artinya teh. Menurut cerita, pada sekitar tahun 414 SM, seorang kaisar Jepang yang bernama Inkyo suatu waktu menderita penyakit pencernaan kronis, penyebabnya adalah sembelit yang berkepanjangan. Kemudian atas saran shinse  tersebut, Sang Kaisar agar mengkonsumsi ramuan teh hasil fermentasi oleh sejenis jamur  racikannya. Setelah mengkonsumsi jamur teh itu, penyakit yang diderita kaisar bisa disembuhkan. Atas jasa shinse, Sang Kaisar memberi nama racikan air teh dan jamur tersebut sebagai : KOMBUCHA, yang berarti TEH RAMUAN SHINSE KOMBU…. Wallohu’alam bishawab.
kombc9a
kombc8
Lebih lanjut Hadijaya menceritakan sejumlah manfaat mengkonsumsi Kombucha antara lain : pencegah kanker, memperbaiki fungsi hati; membantu mengobati tekanan darah tinggi; pencegah stroke; pereda nyeri tenggorok; pengikis lemak dan kolesterol; penangkal racun (detoksifikasi); penjaga stamina tubuh; mengatasi keluhan persendian; memperbaiki sistem pencernaan; membantu mengatasi keluhan alergi; meringankan premenstrual pain; membantu mennenangkan jiwa; menjaga kebersihan kulit wajah; membantu mengatasi kemandulan etc.
Koloni kombucha sebagai pelaku fermentasi pada kombucha menyerupai lembaran gelatin (gel) yang berwarna putih dan terbungkus selaput liat. Para ahli menamai koloni jamur bakteri ini dengan sebutan koloni scoby. SCOBY adalah singkatan dari Symbiosis Colony of Bactery Yeast. Sifatnya yang seperti gel membuat koloni scoby mengikuti bentuk wadah (tempat pembiakan). Tumbuh pada lingkungan yang mengandung glukosa, misalnya larutan teh manis membuat koloni ini membentuk susunan yang berlapis-lapis. Lapisan koloni pertama akan tumbuh di posisi paling atas dan ukurannya akan memenuhi atau menutupi lapisan tesebut. Kemudian disusul oleh pertumbuhan berikutnya yang semakin lama semakin tebal hingga memenuhi media tumbuh.
kommb

kombb

kombu
Kombucha kaya kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya yaitu : Vitamin B1 (Tiamin), berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk pembentukan energi, memelihara fungsi jaringan saraf, dan fungsi hati.
Vitamin C, berperan dalam pembentukan substansi antarsel dan berbagai jaringan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
Asam Folat (Citroforum Factor atau Leucovorin), berfungsi membantu produksi sel-sel
darah, menyembuhkan luka, membentuk otot, serta membantu proses pembelahan sel.
Asam Glukoronat, berfungsi untuk mengikat atau mengonjungasi toksin atau racun, logam logam berat, dan lemak sehingga mudah larut dalam air dan kemudian dikeluarkan melalui air kemih.
Asam Asetat, merupakan bagian terbesar dari asam yang dihasilkan oleh proses fermentasi kombucha. Asam inilah yang memberikan rasa asam pada teh kombucha. Peran utama asam asetat adalah mengikat toksin dan bisa menjadi bentuk ester yang mudah larut dalam air sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh.
Asam Hyaluronic (Asam Hyaluronidase) dan Asam Chondroitin Sulfat, membantu
meringankan keluhan pada penderita rematik. Asam hyaluronic merupakan cairan pelumas persendian, sedangkan asam chondroitin sulfat merupakan bagian dari tulang rawan yang melapisi permukaan sendi, dan berperan menjaga keutuhan serta kesehatan persendian.
Asam Laktat (Asam 2-Hidroksipropanoat), dikenal sebagai asam susu yang berada di dalam tubuh manusia sehat. Perannya adalah membantu metabolisme sel di dalam tubuh
Acetaminophen, sebagai analgetik (penghilang rasa nyeri).
Asam Amino Esensial , berperan sebagai bahan untuk membangun protein yang bermanfaat mengganti bagian-bagian sel tubuh yang rusak.
Enzim, merupakan senyawa organik tertentu yang berperan memperlancar metabolisme zat-zat di dalam tubuh.
Antibiotik, berfungsi untuk membatasi pertumbuhan bakteri lain, terutama bakteri merugikan (patogen) yang dapat mencemari koloni kombucha.

kokomm
kombc3
Diakhir acara sosialisasi tersebut, Hadijaya menjelaskan cara melakukan budidaya yang sangat praktis. Sediakan teh manis dingin dalam sebuah toples gelas dengan perbandingan air teh 1 liter dan gula pasir 8 sendok. Tambahkan kombucha biang lalu simpan ditempat aman selama 10-15 hari. Selanjutnya akan terjadi pertumbuhan jamur yang mengapung diatas permukaan cairan. Untuk mengkonsumsinya adalah dengan cara memisahkan gel jamur dengan cairan. Cairan boleh diminum sedangkan gel jamur untuk pembiakan berikutnya.
kombc7
Pada pertemuan tersebut dilakukan pula acara mencicipi minuman kombucha yang diracik bersama jus buah dan ternyata sangat disukai hadirin. Selain itu juga telah dibagikan sekitar 30 kantong kemasan biang kombucha kepada peserta agar nantinya dapat dibudidayakan dirumah masing-masing.
kombc6a

kombc5a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *