Seleksi Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) SMA Tahun 2014 Se-Wilayah Kabupaten Bogor

Foto-opsi

Selasa, 21 Oktober 2014 telah dilakukan pembukaan acara seleksi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diikuti para siswa SMA se Wilayah Kabupaten Bogor. Kegiatan diselenggarakan mulai pukul 08.00 Wib di Aula Dinas Pendidikan Jl. Nyaman No.1 Kelurahan Tengah Cibinong Kabupaten Bogor. Acara seleksi OPSI 2014 ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua II IKA-UT Pusat yaitu Hadijaya, MPd yang dalam acara tersebut bertindak selaku Dewan Juri.

Kegiatan OPSI ini mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengamanatkan bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Melalui kegiatan OPSI 2014 tersebut diharapkan siswa berbakat dan perprestasi dapat memacu potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul; generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap tersebut hanya dapat dicapai melalui kegiatan yang mengakomodasi berbagai kecerdasan. Satu diantara cara yang dapat ditempuh adalah dengan mendorong siswa ke dalam aktivitas penelitian. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) bertujuan untuk :
1. Memotivasi siswa SMA berkreasi dalam bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya;
2. Menjaring siswa SMA yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian;
3. Membina siswa SMA untuk gemar melakukan penelitian.
4. Menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA;
5. Mendapatkan hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

Kegiatan seleksi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun 2014 yang berlangsung selama 2 hari tersebut dikelompokkan dalam 2 bidang antara lain :
1. Bidang MIPA, meliputi : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi (Selasa, 21 Oktober 2014)
2. Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, meliputi : Ekonomi dan Manajemen, Sejarah dan Budaya, Bahasa, Sosiologi dan Antropologi, serta Sastra dan Seni (Rabu, 22 Oktober 2014).
Kategori penilaian meliputi :
1. Mutu penulisan karya ilmiah
2. Kemampuan Presentasi
3. Sikap ilmiah
4. Orisinalitas (keaslian)
5. Kemutakhiran.

Berdasarkan 86 karya tulis yang terseleksi dalam OPSI 2014, telah menghasilkan juara 1, 2 dan 3 untuk setiap kategori Bidang Ilmu baik IPA maupun IPS atau terseleksi sebanyak 27 juara. Hasilnya akan diumumkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sekitar pekan depan. [Gway]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *