Pokjar IKA-UT Tegal buka kelas Ilmu Hukum Bagi Polisi dan Ilmu Komunikasi Bagi calon Wartawan

IMG_20130615_090355 - Copy

Kuliah sambil kerja, ya di Universitas Terbuka. Satu sisi mengenyam pendidikan menjadi bagian dari kebutuhan untuk mampu bersaing dengan generasi muda lainnya. Sementara, kuliah membutuhkan biaya yang sangat mahal. Tentu saja bukan hal mudah untuk menjalani dua kegiatan berbeda pada waktu yang sama. Dibutuhkan komitmen tinggi  untuk dapat menjalani keduanya secara bersamaan dan memberikan hasil yang baik. Lantas, bagaimana mengatur waktu agar pekerjaan tidak mengganggu, kuliah juga jalan terus maupun sebaliknya.

Sebelum memutuskan untuk kuliah, seorang karyawan harus mempertimbangkan banyak hal, khususnya ketersediaan waktu dan keleluasaan mengatur waktu. Soal alokasi waktu, saat ini banyak program studi yang membuka kelas malam atau kelas Sabtu-Minggu sehingga memberi kemudahan bagi para pekerja. Tapi ini saja tidak cukup, masalah biaya juga menjadi rintangan bagi karyawan karena rata-rata mereka telah berkeluarga, biaya pendidikan anak juga harus dipikirkan. Menurut Mulyati SIP.M.M, ya hanya  UT saja yang dapat menjadi solusi bekerja sambil kuliah, biayanya murah, sehingga biaya pendidikan anak tidak terbengkalai.

Ilmu Hukum sebagai jurusan baru di UT, misalnya untuk satu SKS-nya cuma Rp. 40 ribu, bahkan jika mahasiswanya dari Polri dapat bebas biaya, karena ada Mou UT dengan Polri, dengan adanya penandatangan kesepakatan bersama Polri untuk penyelenggaraan Pendidikan tinggi melalui Sistem Belajar Jarak Jauh dibiayai dinas. Hal ini seperti guru-guru yang belum memiliki ijazah S1 mendapat bantuan kualifikasi pendidikan sebesar Rp. 3,5 juta pertahun untuk guru-guru  SD memiliki S1 PGSD.

Mulyati, juga menuturkan  program studi Ilmu Komunikasi pada tahun ajaran 2013.2 ada kemajuan dari tahun-tahun lalu, karena IKA-UT Pokjar Tegal bekerjasama dengan salah satu media lokal Berita Seputar Tegal, mahasiswa diajak kuliah lapangan di dapur redaksi sambil praktek penulisan berita dan wawancara dengan nara sumber untuk memenuhi mata kuliah tertentu seperti Teknik Mencari dan Menulis Berita, Publik Speaking dan Opini Publik. Harapannya, mahasiswa UT tidak kalah dengan kelas tatap muka di Jurusan Komunikasi, biaya juga murah per SKS Rp. 36 ribu.

Jurusan unggulan lain IKA-UT Pokjar Tegal adalah program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, program studi ini diperuntukan mereka yang meminati bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Pokjar IKA-UT Tegal UBBJ Purwokerto, bahkan mendapat titipan mahasiswa dari Bogor dan Bandung, karena kuliah jurusan ini harus memenuhi ketentuan kuota satu kelas minimal 25 orang, sehingga yang tidak memenuhi kuota bergabung dengan Pokjar lainnya. Di Pokjar Tegal untuk jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota telah didukung Lab lingkungan, Studio Monitoring Evaluasi Lingkungan dan Audit Lingkungan. Mahasiswanya juga banyak dari DPU, Kimtaru, Bappeda maupun dari lulusan SMA jurusan IPA.

One Response to Pokjar IKA-UT Tegal buka kelas Ilmu Hukum Bagi Polisi dan Ilmu Komunikasi Bagi calon Wartawan

  1. ikomang ari says:

    Minta hukum pidana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *