Peran Perempuan dalam Pembangunan Ekonomi dan Karakter Bangsa

day3-berita-detail2-25-01-2013-meneg-pp

Pada tanggal 1 Februari 2013 Yayasan Putri Indonesia Mustika Ratu mengadakan malam penganugerahan Putri Indonesia 2012-2013. Perlu diketahui Mustika Ratu adalah milik salah satu alumni UT yaitu Ibu Mooryati Soedibyo. Kita harus berbangga diri sebab wanita yang lulus dari Universitas Terbuka banyak yang memiliki peran penting untuk kemajuan bangsa . Hal ini juga diungkapkan oleh Ibu Linda Amalia Sari Gumelar , Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang juga salah satu alumni UT .

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, S.IP memberikan pembekalan kepada para finalis PPI 2012-2013 dengan topik: Peran Perempuan dalam Pembangunan Ekonomi dan Karakter Bangsa yang dimoderatori oleh .

Peran Perempuan dalam Pembangunan Ekonomi dan Karakter Bangsa memiliki tiga kata kunci, yaitu peran perempuan, ekonomi, dan karakter bangsa.

Perempuan dan laki-laki mempunyai kedudukan dan hak yang sama di muka hukum serta hak dan peran yang sama untuk berekspresi dan bekerja dimanapun dia berada dan berhak mendapatkan perlindungan sebagai warga negara. Secara teoritis tiga peran utama perempuan di Indonesia adalah peran reproduktif dimana fungsi perempuan yang dapat hamil, melahirkan, menyusui, dan merawat anak didalam keluarga. Kedua, peran produktif dimana perempuan melakukan karya-karya produktif dengan berbagai profesi yang menghasilkan, baik jasa maupun pendapatan. Dan yang ketiga adalah peran sosial yaitu peran sosial perempuan yang banyak dilakukan untuk membantu masyarakat setempat tanpa imbalan atau gratis.

Wanita harus semakin empowered agar memiliki bargaining position yang dapat meningkatkan jejaring pergaulan dan kepercayaan diri serta kemandirian di bidang ekonomi. Terkait dengan peran perempuan/ibu di dalam pembangunan karakter bangsa, maka perannya juga menjadi krusial mengingat dewasa ini dengan adanya borderless world dari sisi teknologi, komunikasi, dan informasi yang kemudian masuk kedalam keluarga.

Melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia, para finalis PPI 2012-2013 diharapkan dapat ikut mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perlunya membangun karakter bangsa yang positif terkait dengan penyebaran nilai-nilai untuk menghargai dan melindungi perempuan dan anak, mentransformasikan nilai-nilai egaliter, keadilan dan kesetaraan gender serta mengkampanyekan tentang lima issue strategis, antara lain:

1. Pentingnya peran ayah dan ibu di dalam tumbuh kembang anak dan menjaga serta melindungi anak dari tindak pelecehan dan kekerasan:
2. Pentingnya meningkatkan keterwakilan perempuan di bidang politik pada tahun 2014 yang akan datang:
3. Pentingnya meningkatkan peran perempuan di bidang ekonomi mikro, kecil, dan menengah:
4. Pentingnya perempuan dan anak perempuan di pedesaan mendapatkan akses di bidang iptek: dan
5. Pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak perempuan maupun anak laki-laki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *