Pembukaan Rapat Kerja Nasional IKA-UT

12240971_10153717793597068_4682326488355186179_o

Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT) merupakan perkumpulan alumni Universitas Terbuka yang didirikan pada tanggal 26 Maret 1990 di kantor pusat Universitas Terbuka Pondok Cabe. Para alumni pemrakasa lahirnya IKA-UT antara lain : Dr. Djunaidi Harun, SE (Jakarta), Dra. Hardim Sri Rahayu (Surabaya), Drs. Nasrullah Yunusir (Palembang), Drs. Marinus M. Rambaho (Malang), Drs. Hudoyo (Semarang), Drs. Sarono (Yogyakarta), Drs. St. Hendratno (Surakarta), Drs. Krisnadi Ismail (Bogor), Drs. Kardoyo (Purwokerto), Dra. Sri Untari (Bandung), serta didukung secara penuh oleh Rektor UT Prof. Dr. Setijadi. Pada waktu itu pembentukan IKA UT bertujuan sederhana, yaitu meningkatkan citra Universitas Terbuka di masyrakat, serta keinginan untuk membentuk wadah guna menjalin persahabatan dan persatuan Alumni. Hal ini dimaklumi karena pola belajar jarak jauh yang diterapkan UT pada waktu merupakan fenomena baru di masyarakat.

Saat ini di usia 25 tahun IKA-UT, kepengurusan IKA UT wilayah sudah tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah alumni yang sudah mencapai 1,3 juta orang dari berbagai program studi, baik Pendidikan Dasar (Pendas), Non Pendidikan Dasar (Non Pendas), maupun Pascasarjana, yang tersebar di seluruh pelosok tanah air serta luar negeri, memacu IKA UT untuk melayani lebih baik dan lebih banyak lagi.

FB_IMG_1448289541433

Tahun ini merupakan pertama kalinya IKA UT menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Sebelumnya IKA UT hanya menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) setiap 5 tahun sekali. Rakernas IKA UT yang dihadiri oleh Pengurus Pusat dan perwakilan Pengurus Wilayah seluruh Indonesia yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 22 November 2015 bertempat di Gedung Serbaguna Universitas Terbuka, Pondok Cabe-Tangerang Selatan.

Tema yang diusung dalam Rakernas kali ini adalah “Ikatan Alumni Universitas Terbuka Bersinergi Dan Memperkuat Jaringan Untuk Mendukung Universitas Terbuka Membangun Pagar Bangsa”. Hal ini senada dengan tema Dies Natalis ke-31 Universitas Terbuka, yaitu “Universitas Terbuka Membangun Pagar Bangsa”.

Materi yang dibahas, yaitu 1. Penyempurnaan AD/ART yang berisi rancangan pembentukan pengurus IKA UT Luar Negeri, keorganisasian, dan sumber dana; 2. Sosialisasi sistem laporan kegiatan dan laporan keuangan; 3. Program beasiswa.

FB_IMG_1448474638919

Dalam sambutannya Ketua Umum IKA UT, Linda Agum Gumelar, S. IP, berharap alumni UT dapat berkontribusi secara konkrit tidak hanya bagi masyarakat sekitarnya tetapi juga bagi bangsa. Beliau yakin bahwa alumni UT sebenarnya mempunyai SDM yg besar jika mau bekerja bersama-sama untuk berperan aktif membangun bangsa.

“Rasanya manis sibuah semangka

habispun lima potong tak terasa

Satukan langkah alumni Universitas Terbuka

Bergandengan tangan, Bangun pagar bangsa!!

Pergi ke pasar membeli sepat

Tidaklah lupa membeli nanas

Ayo bermusyawarah dan bermufakat

Sukseskan program melalui RAKERNAS”

Ketua Umum IkA UT menutup sambutannya dengan sebuah pantun yang diiringi tepuk tangan seluruh peserta Rakernas dan tamu undangan.

 

FB_IMG_1448474759628

Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D dalam kesempatan tersebut juga memberikan sambutannya. Rektor UT menyatakan dirinya telah menginstruksikan secara jelas bahwa UPBJJ harus bekerjasama dengan IKA UT. Rektor berharap IKA UT menjadi partner UT dalam melakukan langkah-langkah strategis untuk dapat membantu memberikan beasiswa kepada mahasiswa UT sebagai bentuk pengabdian tidak hanya kepada UT tetapi kepada masyarakat. Ibu Tian juga mengusulkan agar IKA UT membangun keakraban dengan cara mengadakan reuni per wilayah. “Tidak masalah berapapun jumlahnya, yang penting gaungnya”, ucap Tian Belawati.

Usai menyampaikan sambutannya, Rektor UT mengetuk palu sebagai pertanda Rakernas IKA-UT dibuka secara resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *