Peleburan Aluminium Foil Eks Kemasan Obat dan Minuman Instan

FURNACE


Sampah eks kemasan minuman instan bersama sampah plastik lainnya seringkali menjadi penyebab banjir karena tersumbatnya aliran air. Diantara sampah eks kemasan minuman instan itu ada yang mengandung aluminium foil (lapisan tipis dibagian dalam bungkus) dan bisa didaur ulang untuk dipungut unsur Aluminiumnya melalui cara peleburan. Unsur Aluminium pada bungkus minuman instan termasuk juga bekas kemasan obat dipungut karena bernilai jual.

Upaya pemungutan limbah plastik tersebut disamping untuk memanfaatkan aluminium sebagai material berguna agar tidak mubazir juga cukup membantu upaya penanggulangan banjir akibat sampah plastik yang acapkali menyumbat saluran air.
Aluminium merupakan bahan logam yang banyak digunakan dalam berbagai keperluan seperti untuk melapisi badan pesawat terbang, untuk perabot rumah tangga, untuk kaleng minuman karena mampu memberikan kekuatan mekanik yang baik, tahan korosi, serta memiliki mampu-cor yang baik.
Teknologi proses peleburan dapat dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan teknologi sederhana namun efektif dalam memperoleh aluminium batangan.
Bahan-bahan yang diperlukan pada proses daur ulang ini meliputi bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama adalah bahan baku yang terdiri dari sampah bungkus minuman instan atau bungkus obat yang mengandung aluminium foil dan jika ada ditambah anfalan (barang rongsokan) seperti kaleng minuman, potongan plat atau pipa aluminium.
Bahan pendukungnya berupa greyhon, dibutuhkan pada saat menyalakan api.

Adapun alat peleburan terdiri sebuah tungku peleburan berupa drum yang bagian dalamnya dilapis bata tahan api, besi pengaduk untuk meratakan nyala api, centong untuk menuangkan cairan aluminium, dan cetakan terbuat dari baja untuk membekukan cairan aluminium.
Tungku termasuk semua peralatan yang masih terbelakang ini sengaja diciptakan untuk menghemat biaya produksi. Tungku yang dipakai berjumlah 9 buah ini kalau dioperasikan secara maksimal akan menghasilkan 10 batang alumunium atau kalau bahan bakunya cukup baik akan menghasilkan ±1 kwintal logam aluminium perhari.
Pada proses peleburan, mula-mula sampah kemasan aluminium foil dimasukkan secara bertahap yaitu kira-kira 50% dari kapasitas tungku. Selanjutnya masukkan greyhon (bahan bakar) yang dibungkus dengan grenjeng (kertas timah rokok) dan dinyalakan apinya. Ketika api mulai menyala greyhon terus ditambahkan hingga api membesar.
Setelah itu semua bahan utama dan anfalan (barang rongsokan) aluminium dimasukkan sampai tungku penuh. Bungkus aluminium foil terus diaduk dan ditekan untuk membantu mempercepat pencairan.

Apabila telah terjadi pencairan logam aluminium kemudian kotoran yang mengapung dalam bentuk terak dibuang memakai centong. Penuangan logam cair Aluminium ke cetakan baja juga dilakukan menggunakan centong. Pembekuan logam cair dengan udara terbuka sampai menjadi dingin dan aman dipegang berlangsung selama 10-12 jam. Setelah beberapa saat logam cair membeku (disebut coran) yang selanjutnya dikeluarkan dari dalam cetakan. Coran tersebut kemudian dipreparasi untuk dianalisa mikrostrukturnya menggunakan alat mikroskop optik atau diuji kekerasannya menggunakan alat micro hardness tester.
Mutu hasil proses peleburan logam aluminium dapat diketahui dengan cara menganalisa mikrostrukturnya yaitu melalui teknik metalografi atau mikroskopi. Keadaan mikrostruktur, dalam hal ini grain size (ukuran butir) sangat berpengaruh terhadap sifat mekanis logam. Pengerjaan metalografi terhadap coran logam akan menampilkan mikrostruktur yang membantu interpretasi kualitatif maupun kuantitatif.
Tahapan pekerjaan yang dilakukan untuk menganalisa mikrostruktur coran logam seperti paduan Aluminium meliputi Sampling-cutting sectioning (pencuplikan), coarse grinding (pengasahan kasar), mounting (penanaman), fine grinding (pengasahan halus), rough polishing (pemolesan kasar), pemolesan akhir, selanjutnya coran Aluminium dietsa dengan reagen dari campuran beberapa bahan kimia antara lain: 10 mL HCl + 30 mL HN03 + 5 gr FeCl3 + 20 ml H2O.
Beberapa metode pengetsaan yang umum dilakukan antara lain adalah metode optik, elektrokimia (kimia), dan fisika. Etching dengan metode kimia kiranya yang paling praktis dan dilakukan dalam percobaan ini. Dalam teknik etching larutan pengetsa bereaksi dengan permukaan cuplikan tanpa menggunakan arus listrik. Peristiwa etching metode ini berlangsung oleh adanya pelarutan selektif sesuai dengan karakteristik elektrokimia yang dimiliki oleh masing-masing area permukaan bahan. Selama pengetsaan, ion-ion positif dari logam meninggalkan permukaan bahan uji lalu berdifusi kedalam elektrolit ekivalen dengan sejumlah elektron yang terdapat dalam bahan tersebut. Dalam proses etching secara langsung, apabila ion metal tersebut meninggalkan permukaan bahan lalu bereaksi dengan ion-ion non logam dalam elektrolit sehingga membentuk senyawa tak larut, maka lapisan presipitasi akan terbentuk menempel pada permukaan bahan dengan berbagai jenis ketebalan. Ketebalan lapisan ini sebagai fungsi dari komposisi dan orientasi struktur mikro yang lepas kedalam larutan. Lapisan ini dapat menampilkan interferensi corak warna disebabkan karena variasi ketebalan lapisan dan ditentukan oleh mikrostruktur logam yang ada dibawahnya.

Cuplikan yang merupakan potongan-potongan bagian dalam aluminium hasil tuang diamati dengan Optical Microscopy lalu dilakukan pemotretan. Pengamatan pada foto mikrostruktur, secara umum memperlihatkan adanya bentuk matrik induk yang bewarna terang dan partikel-partikel bewarna gelap yang mengarah kebatas butir. Jumlah partikel yang bewarna gelap pada benda hasil tuang umumnya tergantung pada kecepatan laju pendinginan. Semakin cepat laju pendinginan, maka kecepatan pertumbuhan butir akan lebih rendah dari pada kecepatan nukleasi, sehingga butir yang diha¬silkan menjadi halus sehingga kekerasan dan kekuatan tarik akan tinggi.
Berdasarkan pengalaman teknis metalografi maka untuk mendapatkan tampilan permukaan logam yang kontras khususnya batas antar butir, faktor yang menentukan pada prinsipnya adalah keterampilan teknisi dalam preparasi sampel mulai dari Pencuplikan sampai Pemolesan. Selanjutnya, pada saat pengetsaan maka faktor yang menentukan keberhasilan adalah pengetahuan dalam memilih formula etsa berikut metodenya yang tepat. Faktor lain yang juga cukup penting adalah kemampuan dalam mengaplikasikan mikroskop terutama teknik pengaturan cahaya serta fokus gambar batas antar butir logam. [Hadijaya].

Note :
Bidang Pengembangan Teknologi IKAUT Pusat juga melayani konsultasi usaha :
1. Pengujian material (logam dan non logam)
2. Kursus/ Pelatihan Peleburan Aluminum foil (minimal 10 peserta)
3. Pembuatan starter pupuk organik cair
4. Pelatihan Karya Ilmiah Remaja

Hubungi kami di HP : 08128727937;
Informasi kerjasama, konsultasi uji material dll dapat juga menghubungi face book : Kusuka Iptek.

184 Responses to Peleburan Aluminium Foil Eks Kemasan Obat dan Minuman Instan

  1. Edi Setyo says:

    Yth Bpk/Ibu,

    Kami mempunyai rajangan aluminium foil yang mungkin bisa digunakan untuk di daur ulang. Mungkin bisa digunakan. CP 08156735148. / 0274-7810770.

    Tks

    • Admin says:

      ya bolehlah, mungkin ada yg berminat tp klw banyak knp tdk dilebur sendiri aja ?

      • hari supriyanto says:

        saya ingin belajar cara peleburan berbahan aluminium foil,..
        mohon pencerahannya…!!
        trims…

      • suprasetyo says:

        Dear Bpk / Ibu

        saya sedang memeulai usaha peleburan alumiun foil dan sejenisnya, tapi karena kami kekurangan stok bahan baku mohon info bahan bakunya dan penjualan bahan jadi ( Batangannya )harga di pasaranya..
        Terima kasih

        rgds
        suprasetyo

    • Faisal says:

      Kalau bekas bungkus susu formula bisa di lebur gak,saya ada banyak sekali

      • Hadijaya says:

        utk mengetahuinya coba dibakar dulu dg nala api, jika ada sisa lempengan berarti bisa dilebur. Tp kl dibakar semua jd abu berarti bukan aluminium foil dan gak bs dilebur

  2. hari supriyanto says:

    saya ingin belajar cara peleburan berbahan aluminium foil,..
    mohon pencerahannya…!!
    trims…

    hari s
    082139338827 / 087853846627

  3. Rohman says:

    Ya to Admin,

    saya juga ingin belajar cara peleburan berbahan aluminium foil, kotoran sisa dari pengecoran aluminium(tai aluminium cor)yang menurut saya pasti masih banyak mengandung logam aluminiumnya. Mohon pencerahan, dimulai dari cara pembuatan tungku sederhana, kalau boleh berikut gambarnya.
    Terimakasih banyak atas bantuannya.

    Rohman

    • Admin says:

      Sisa hasil filtrasi pada pencetakan Aluminium biasanya dilebur ulang dan dipadukan dengan leburan besi, tp jika masih banyak kandungan aluminiumnya sebaiknya diremelting saja … khan lumayan.
      Mengenai gambar model tungku tentu saja menjadi hak cipta yang hanya bisa diberikan melalui kerjasama bisnis dengan kami.

  4. rohman says:

    greyhon itu apa?? gimana cara mendapatkannya? mohon pencerahaan. terimakasih

    • admin says:

      greyhon itu senyawa kompleks yg berfungsi meningkatkan suhu peleburan serta mengikat gas-gas terlarut lalu diapungkannya sebagai terak, dmk

      • admin says:

        Anda bisa mendapatkannya ditoko penjual bahan dan sarana peleburan logam di Glodok atau Jl.KH. Hasyim As’ari Jakarta.

  5. Admin says:

    teman2 tolong informasi nya.
    Saya melumerkan alumunium kotor.
    setelah lumer (mencair), utk memisahkan alumunium murni nya memakai bahan apa ?
    terima kasih sebelum nya (penanya : Ari)
    ============
    Pemisahan Al cair dari kotoran dpt dilakukan setelah menambahkan bahan cover flux, semua kotoran (berujut debu hitam) akan mengambang dipermukaan logam cair. Selanjutnya lakukan pemisahan menggunakan centong, kotoran itu digaruk sampai habis. (Admin)

  6. Admin says:

    Yohanes Siregar:
    tolong info alamat tempat peleburan alumunium foil yang bpk kunjungi dong… terimakasih

    Admin :
    tempat peleburan aluminium tsb bersifat tertutup dan tidak ingin dikunjungi masyarakat umum. Dmk

  7. rajief says:

    pak, saya mohon bimbingannya mulai dari awal peleburan alumunium sampai ke pengetesan mutu al tersebut, karna kebetulan ortu saya memiliki banyak bahan alumunium foil bekas. mohon bimbingannya 082111110057. terimakasih

  8. erik says:

    Gan u/kerja sama bisa hubungi kemana?

  9. hendarto says:

    mohon informasi apakah kami bisa membeli tungku + peralatannya? berapa biayanya? Serta berapa besar tempat yg dibutuhkan. Terima kasih

    • Admin2 says:

      Kami tidak menyediakan tungku siap jual tapi kami dapat membantu mendesain/ membuat sesuai permintaan. Biaya tungku berkisar antara 2 juta hingga 5 juta tergantung besar kecilnya. Tempat usaha peleburan luasnya paling tidak 300 M2.

  10. taofk hiadayat says:

    mohon bantuanya pa kl peleburan dari limbah senij alumunium kaleng itu cuma di lebur aja apa ada campurannya trim

  11. Rama Hakim says:

    pak kalau saya mau minta bantuin desain sklaigus bikinin tungku dan cetakan baja kira2 berapa biayanya? degasser itu apa pak? kemudian untuk mendapatkan greyhon di daerah surabaya tersedia atau harus dari jakarta? mohon pencerahannya posisi saya di lamongan jawa timur. trims sebelumnya

    • Admin2 says:

      Jasa disain 3 juta pak tidak termasuk akomodasi dan transportasi (tiket pesawat) Surabaya-Tangerang Banten (pp).
      Biaya pengadaan material tungku dan cetakan sekitar 10 juta.
      Kami akan mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan unit proses peleburan sampai tuntas.
      Degasser adalah bahan additif yg berfungsi untuk menghilangkan gas2 yang terlarut dalam logam cair spy hasil cor lebih solid dan tidak kropos.
      Greyhon dari Jakarta, saya belum tau di Surabaya ada atau tidak. Kalau tungku yg anda gunakan nantinya berbahan bakar batu bara, tidak perlu greyhon.
      Posisi kami di Tangerang Banten.

  12. hendri says:

    Bagaimana tester alumunium daur ulang kulitas terbaik yg paling sederhana????
    Supaya produk daur ulang bs masuk k pabrik yg mnggunakn bahan dasar alumunium

    • Admin2 says:

      Test fisik paling sederhana sbb :
      Al produk cor dibelah lalu gosok dg kertas amplas grade 180, 600, 1000, selanjutnya amati adakah bintik-bintik hitam (pori-pori), pengamatan dg mikroskop tentunya akan lebih teliti.

  13. Aang ansari says:

    Yth. Gan Admin

    Saya mau minta infonya.saya ingin membuat peleburan alum. x minuman kaleng. utk kap.15 s/d 20 kg. cuma luas tanah lahan terbuka saya hanya 7X5m (35m persegi) apakah bisa pa?saya didaerah pulogadung & saya juga minta estimasi rincian biaya total semuanya sampai bisa proses melebur. dari transport fe.desain material bahan dll. saya tunggu informasinya. untuk info kirim ke email sya.aangansari2204@gmail.com

  14. ersan says:

    bang awal cara peleburan AL y gmna???
    yg dimasukan k dalam tungku apa saja???
    karena saya udh punya tungku nya…
    mohon info nya..

  15. ersan says:

    bang klo beli pasir cetak y dmna????

  16. agus says:

    admin yth. saya punya usaha melayani penampungan limbah rumahtangga melalui sistem bank sampah. yg jadi masalah saya adl utk plastik kemasan yg mengandung almunium foil belum bisa saya olah krn saya belum mendapatkan pengepul yang bersedia menampungnya. kalaupun ada harus dalam jumlah yang sangat besar. saya tertarik untuk mengolahnya sendiri hingga menjadi aluminium batangan. mohon informasi estimasi biaya pengadaan alat, biaya konsultasi, dan nilai bep dari usaha tersebut. apakah usaha peleburan ini diijinkan/legal? kalau greyhon di toko bahan kimia dijual tdk? saya jg dapat info dari teman borax bisa juga utk memacu pembakaran. apakah ini benar?

    • Admin2 says:

      -biaya pengadaan alat berkisar antar 15-20 Juta tergantung jumlah tungku yg ingin digunakan;
      -biaya konsultasi 3 juta (blm termasuk akomodasi dan transportasi); -usaha peleburan ini diijinkan/legal tergantung dilokasi mana akan dibangun kalau dibangun ditengah pemukiman padat penduduk ya jelas ngga diijinkan.
      -greyhon ada dijual di toko bahan kimia.
      -penggunaan borax bukan untuk pembakaran, tp untuk pengerasan logam.

      • agus says:

        mohon bisa diberikan hitung-hitungannya berapa potensi yang dihasilkan misalnya dari 100kg plastik kemasan bisa dihasilka berapa kilo aluminium. Berapa biaya produksinya, dll

  17. Bambang says:

    Dear pak admin.

    Saya membutuhkan informasi tentang
    produksi limbah aluminium Menjadi semacam pengembang
    Adonan untuk beton. Untuk hal tsb saya siap bekerja sama dengan bapak.

    Salam.

  18. Adit says:

    Pa saya berminat untuk terjun ke usaha ini.
    Sebelumnya saya ingin bertanya.
    -Bagaimana pemasarannya al daur ulang ini?
    -berapa perbandingan bahan baku dengan hasil jadinya?
    -saya punya lahan kosong skitar 300m persegi tapi deket lingkungan warga,
    Apakah bisa di jadikan tempat untuk pengolahan dan berapa meter jangkauan panasnya tungku?
    sebelumnya terima kasih pa.
    kalau bisa di jawab di email saja pa.

  19. ameru says:

    Bisa gak mbuat freemnya tenda dari alumunium yang gak gampang bengkok, diameternya 5mm, dan tengahnya berlubang. Panjangnya 45 cm

    • Admin2 says:

      Bisa dong, tapi agar kami mudah mengerjakannya dengan baik dan benar tentu perlu melihat gambar model frame yang anda ingin pesan, selain itu juga perlu anda sebut berapa banyak (pcs) frame yang ingin dipesan. Harap kirim spesifikasinya kepada kami e-mail : ikaut.alumni.ut@gmail.com

  20. WISNU says:

    SAYA PUNYA BATANGAN bLOK SINTETIS ALUMUNIUM SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN ALUMUNIUM FOIL, KEMANA YA SY HARUS JUAL

  21. umardani nindyo harjono says:

    yth,sayasenang membaca artikel pengolahan limbah almunium foil yg di proses menjadi almunium ingot,mohon bisa di jelaskan cara peleburanya almunium foil tsb, gryhon bisa di beli dimana ? dari umardani nindyo harjono 08122979209 Email : oemardaninh@yahoo.co.id

    • Admin2 says:

      baca di artikel cara pengolahannya, saya tak mengulang penjelasan lagi, greyhon beli di toko peleburan harganya sekitar 5 rb per kilo.

  22. hafid says:

    mlm gan admn.
    mau tanya,teknik melebur almunium buat dicetak ukiran kecil gimana? contoh kaya uang koin gan,, mohon pencerahannya. udah coba ekperimen gagal mulu…
    kira kira ada kursus ga buat teknik pencetakan logam.. txs gan.

    • Admin2 says:

      pakai cetakan logam yang bagian dalamnya berukir spy bisa dipakai berulang kali. Kami bisa datang ke lkasi anda untuk memberikan coaching penuangan.

  23. hafid says:

    cetakanya saya pake gipsum,,,

  24. Ojak says:

    Yth.Bp admin..saya sangat tertarik untuk mencoba usaha ini.
    Namun sebelumnya saya mohon infonya :
    -Apa saja yang dibutuhkan untuk usaha ini??Termasuk perkiraan biayanya..
    -Sesuai pengalaman anda, berapa kira2 perbandingan bahan baku (limbah) dengan bahan jadi???
    – Brp perkiraan energi (listrik/BBM/Gas)untuk proses produksi??
    – Dimana saya dapat melihat usaha spt ini yg sdh berjalan?

    Terimakasih atas perhatiannya pak..
    salam
    doharojak@gmail.com

    • Admin2 says:

      Anda hrs memiliki tungku peleburan beserta alat penuangan, biaya sekitar 20 juta.

      Anda mau untung 5 juta ? = kemampuan menjual (X) – modal (Y)
      Y : Beli 1 ton kaleng bekas minuman = Rp 10.000/Kg, untuk 1000 Kg = Rp 10.000.000,-
      X : ingot hasil peleburan anda jual Rp 16.000/Kg
      anggap ingot susut 3% = 3% x 1000 Kg = 30 Kg
      Ingot yg dijual = 1000 Kg – 30 Kg = 970 Kg
      Nilai jual ingot semuanya = 970 x Rp. 16.000 = Rp. 15.520.000
      Keuntungan = Rp. 15.520.000 – Rp. 10.000.000 = Rp. 5.520.000 (Lima juta lima ratus dua puluh ribu).

      Untuk produksi dibutuhkan bahan baku batu bara 100 Kg bisa untuk melebur 250 Kg bahan baku perhari.
      Saya tidak dapat merekomendasikan anda untuk melihat tempat usaha peleburan, sifatnya tertutup dan tidak ingin diketahui orang lain apalagi ditiru dan disaingi, harap mengerti dg sifat bisnis.

  25. doni says:

    Saya punya plastik foil
    Terima beli ƍäª
    Tolong info y

  26. bayu says:

    Saya punya beberapa pertanyaan.
    1. Untuk memperoleh untung bersih 5 juta, saya perlu berapa kilo bahan baku kaleng bekas
    2. Dampak lingkungan(asap) apakah berbahaya, karena tanah saya di kompleks perumahan.

    • Admin2 says:

      1. Anda mau untung 5 juta ? = kemampuan menjual (X) – modal (Y)
      Y : Beli 1 ton kaleng bekas minuman = Rp 10.000/Kg, untuk 1000 Kg = Rp 10.000.000,-
      X : ingot hasil peleburan anda jual Rp 16.000/Kg
      anggap ingot susut 3% = 3% x 1000 Kg = 30 Kg
      Ingot yg dijual = 1000 Kg – 30 Kg = 970 Kg
      Nilai jual ingot semuanya = 970 x Rp. 16.000 = Rp. 15.520.000
      Keuntungan = Rp. 15.520.000 – Rp. 10.000.000 = Rp. 5.520.000 (Lima juta lima ratus dua puluh ribu).
      Asap akan mengganggu warga, akan timbul bau cat yg terbakar. Jd kalau membangun usaha peleburan dikompleks perumahan maka siap2lah diusir warga.

  27. vik says:

    Pak admin, sy dari batur ceper. Pusat peleburan di daerah klaten.sarana dan prasarana mungkin Sudah ada. Utk konsultasi, biayanya berapa? Hp saya 08567556354. Makasih

    • Admin2 says:

      calon pengusaha daur limbah yang saya ketahui sebagian besar adalah masuk dlm kategori PEGEL (Pengusaha Golongan Ekonomi Lemah), jadi utk konsultasinya saya gratiskan saja.

  28. vik says:

    Dear Admin, mohon kirim jawaban atas pertanyaan saya ini via email pak. kami sangat menunggu pencerahan dari bapak. karena kami termasuk golongan PEGEL.
    1. berapa prosentase kandungan alumunium pada limbah kemasan(detergen, minuman instan, shampo, kopi instant)?
    2. greyhon dicampur didalam tungku masak atau dicampur dengan tungku bakarnya? kami sangat bingung dengan hal ini.
    3. apakah bapak bisa kasih contact person untuk penjual greyhon?

    atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    • admin2 says:

      1. bisa anda hitung sendiri caranya :
      1 Kg Al foil dibakar semua sampai plastiknya habis, lalu pungut ampas Aluminium yg tersisa (warnanya putih) dan ditimbang.
      Berat akhir – Berat awal = X Kg
      X Kg : 1 Kg ( x 100%) = Y %

      2. Pakai 1 tungku saja, lalu campurkan greyhon dan jaga terus aga api tetap menyala dg cara diaduk secara continyu.

      3. tidak bisa, silahkan telusur google atau dyg langsung ke toko kimia di jl hasyim as’ari jakarta.

  29. vidy ferenzi says:

    Saya menjual cover flux (pengangkat kotoran peleburan aluminium), kami memproduksi sendiri sehingga flux kami sangat flexibel dan dapat memproduksi sesuai dengan yg diinginkan oleh customer.
    Info dapat menghubungi di nomer 0821-2511 1607. Sy siap kirimkan sample flux secara cuma2 sampai ketempat bpk.
    Terimakasih

  30. alfian says:

    pak saya dari jurusan kimia fmipa universitas negeri surabaya ingin melakukan kunjungan industri untuk melihat kegiatan-kegiatan di tempat bapak. apakah bapak memperkenankan kita berkunjung kesana terimakasih

  31. irwan setiawan says:

    Salam semua.
    Saya ingin menawarkan limbah alumunium foil
    Total bobot 80 ton
    Jika ingin memborong silakan kirim surat penawaran harg ke email ini. Senyum.irwan@gmail.com atau bisa hubungi no ini 08989036667.
    Terimakasih

  32. Angger says:

    tanya donk Pak..
    kalau cara menghilangkan oli dari hasil proses peleburan aluminium itu di bagaimanakan yaa Pak biar dapat menjadi lebih murni?
    mohon beri jalan terangnya Pak..
    makasih :)

  33. willy says:

    boleh bantu info pak, saya sedang mencari aluminium ingot kadar 96/97% untuk pembuatan panci presto mohon info nya di email ke willy.tjiu@yahoo.com terima kasih….

  34. Taufik says:

    Dear all…
    Saya punya limbah alumunium foil bakas kemasan “indomaret hot choco drink”. Pengadaan rutin 2 minggu 2 ton.
    Bagi yg berminat silahkan email ke saya. mtaufik940@gmail.com atau di 08787873565

    Terimakasih

  35. Eko Budi Santoso says:

    Saya kok tertarik dengan usaha peleburan alumnimum ini. Berarti bisa mendaur ulang kaleng kemasan susu juga ya? Mohon informasi, alat, biaya pelatihan ke e-mail saya ya. Makasih.

  36. taktiku jitu says:

    Terimakasih artikelnya sangat membuka wawasan peluang usaha..boleh tanya apakah cara melebur/pengecoran dari bahan tembaga jg sama metode dan bahan bahan campuranya?
    Apakah ada artikel tentang pengecoran tembaga yang membahas lengkap spt diatas pak?
    Terimakasih

  37. Anton says:

    Pak saya punya usaha peleburan aluminium trus warga warga udah bolehin buat masak tapi ada satu keluarga yang masih bersikeras gabolehin saya buat masak. Jadi menurut bapak solusinya apa ya? Pindah lokasi aja atau bikin warga itu bolehin atau apa ya pak? Soalnya syaa juga baru pindah ke lokasi itu karna d tmpat sblumnya tidak diperbolehkan masak. Tolong kirim ke email saya ya pak jawaban trimakasi :)

    • Admin2 says:

      tanya alasan dia gak bolehin masak, apakah krn menyaingi usahanya atau krn ada asap yg mengganggu ?
      usaha peleburan sebaiknya jauh dari pemukiman warga

      • Anton says:

        Asap menganggu pak. Takut merusak eksehatan katanya. Jadi menurut bapak apa yang harus saya perbuat?

        • Admin2 says:

          Usaha peleburan limbah aluminium menimbulkan asap maka dari itu pekerjanya hrs memakai masker dan lokasi peleburan hrs jauh dari lingkungan pemukiman penduduk.

  38. singgih says:

    Gan saya punya usaha pengecoran segala bentuk almunium,fariasi motor atau proyekan pabrik jugak bisa
    CP Singgih : 085755915055

  39. devan says:

    selamat sore teman2 semua pencinta aluminium sy terbantu sekali dgn forum ini khususnya pak admin saya pecinta limbah aluminium jg dgn bahan foil dan sdh memiliki beberapa aluminium batangan mhn jika ada masukkan bisa k email saya dvancoy@gmail.com mksh

  40. rio says:

    mohon info tempat peleburan dan pencetakan aluminium di daerah semarang ada yang tau ga ya?

    terimakasih

  41. Syah says:

    Pak saya banyak bahan baku 800kg kaleng minuman tp cara pengolahannya blum tahu,tp kl konsultasi gratis ya pak karna saya pemula buat usaha ini baru satu minggu…

    • Admin2 says:

      kaleng alumnium ex minuman bisa dipipihkan dan laku dijual, tp bisa juga dilebur. Cara meleburnya menggunakan tungku lebur, bgitu.

  42. Sahat says:

    Pak kebetulan saya sudah memulai usaha peleburan ex minuman kaleng.
    yang mau saya tanyakan, untuk pengolahan abu sisa pembakaran aluminiumnya seperti apa yah ?
    adakah cara lagi untuk mengolah abunya ?

    Terima Kasih
    Sahat

    • Admin2 says:

      abu merupakan hasil samping yg merugikan lingkungan jika dibiarkan terus menumpuk, cara yg dapat anda tempuh adalah dengan mencampurkannya bersama adonan batako, dmk

  43. zulkarnain says:

    saya alumni kota prabumulih ingin konfirmasi lebih lanjut dan baru berusaha mengembangkan beberapa produk IKA UT ini gimana hubungan lebih lanjutnya

  44. mohon izin numpang iklan ya pak

    Selamat Siang ,
    saya mau menjual/mengalihkan pabrik pengolahan alumunium saya, hal ini di karenakan waktu saya untuk nengok pabrik udah ga ada lagi, jadi saya alihkan saja, karena saya mau ngurusin usaha yang lain

    -Lokasi pabrik berada di Teluk Naga Tanggerang.
    -sepanjang pabrik peleburan juga banyak yang melakukan usaha serupa
    -Kondisi Pabrik masih bagus, walaupun belum di beton,
    -tukang masak sudah cukup terkenal, dan sudah punya banyak link untuk pemasaran.
    -Tungku masak masih bagus dan ready masak.
    – sudah memasok batangan alumunium ke Miyako dan sudah berhubungan baik dengan perusahaan tersebut
    – sudah mempunyai link-link penyedia bahan baku alumunium bekas untuk di masak

    kekurangan=
    -belum ada kendaraan operasional
    -bahan baku masih belum di stock di karenakan harga sempat naik, dan masih menunggu harga turun.

    untuk gambar pabrik terkini bisa via whatsapp dengan saya,
    harga tersebut diatas dapat di nego, untuk mengganti uang sewa tempat dan juga peralatan memasak.

    asumsi keuntungan
    produksi rp.17.000/kg
    jual rp.21.750/kg

    jual 1 ton/1000kg = 21750-17500 * 1000 = 4.750.000

    kemampuan produksi 1 minggu 3-4 ton= 14.250.000 (3 ton)

    1 bulan = 14.250.000 x 4 = rp. 57.000.000
    alumunium yang di cetak di pabrik saya alumunium jenis keras, bukan alumunium lembekan.

    mohon maaf apabila iklan saya mengganggu. .
    CP :
    Telp & WA : 085247067203

  45. muhammad says:

    permisi pak admin website alumni-ut.com. mau tanya, tempat peleburan kaleng minuman bekas seperti fanta, coca cola, chingku, dll untuk 4 kawasan surabaya,sidoarjo, gresik,mojokerto atau lamongan dimana ya? saya butuh sekali, karena saya ada stok 10ton/bulan dan bisa rutin, sementara pabrik yg saya pasok saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

    kalau bisa yg daerah saya sebutkan di atas saja, karena terjangkau dari lokasi saya. thx

  46. husni says:

    tolong info kami punya banyak almunium drooss

  47. Ronald Manalu says:

    kepada Bpk yth,
    ada berapa yang ingin saya tanyakan ;
    1. saya ingin membuka usaha peleburan aluminium didaerah serang
    2. berapa biaya pembuatan tungku beserta alat-alatnya.
    3. mohon kesediaan bapak untuk mentraining saya dalam hal pengolahan aluminium ini.
    mohon dibalas ke email saya pak. terima kasih
    no.Hp.081383322557

  48. tyan says:

    Selamat Malam….
    saya punya limbah plastik alumunium, 2-4 ton perhari terkadang bisa lebih, bagi yang berminat silahkan… silahkan kirim email ke ty_ans@ymail.com

  49. dendi says:

    Salam pa admin, saya butuh info perhitungan penyusutan(%) hasil peleburan dari masing-masing jenis bahan baku. Sbg contoh bahan kaleng/rongsok 1 ton bahan jd berapa batang atau brp (%) penyusutannya ? Bigitu pun bahan baku jenis lainnya. Mohon info dan penjelasannya, terima kasih

  50. Endra says:

    Admin Yth. Saya tertarik dgn pengolahan alumunium foil bekas. selain bersihkan lingkungan juga ada nilai ekonominya.. saya ingin tanya, dari 100 kg bekas bungkus mkann/mnumn kira2 bisa jadi alumunium brp kilo? selain dgn cara dibakar apa ada cara lain? kapan ada jadwal bisa berkunjung ke workshop ika-ut? terima kasih. Endra 081802455999

    • Admin2 says:

      Sdr. Endra,
      Lapisan aluminium yg terdapat diberbagai kemasan makanan dan minuman itu beragam sekali jd ada yg sangat tipis dan ada juga yg agak tebal, kalau dirata-rata dari 100 kg bekas bungkus mkann/mnumn itu kira2 bisa jadi alumunium 40-60 kilo?
      Pemungutannya hanya dgn cara dibakar tidak ada cara lain.
      Kami tak punya work shop utk dikunjungi namun jika ingin diskusi ttg peleburan aluminium silahkan datang ke Sekretariat Registrasi Alumni UT Pondok Cabe pada tgl 30 November 2014 yad, terima kasih.

  51. Yth Admin, seya ingin melajar meleburkan alumunium, kemarin aq sdh coba meleburkan kaleng alumunium, (sprite, cocacola n sejenisnya) dengn cara dbakar tp sudah 4 jam alumuniumx tdk meleleh.
    yang ingn sy tanyakan apakah untuk melebukan alumunium harus ditambahkan bahan lain atau sejenisnya unk melebukkan alumunium, mohon penjelasannya, triims

    • Admin2 says:

      -sudah dibakar 4 jam tp tidak bisa leleh berarti suhu pembakarannya masih rendah
      -supaya alumnium bisa lebur maka dibutuhkan panas yg lebih tinggi dari titik lebur aluminium
      -titik lebur aluminium sekitar 700 Selsius, maka diperlukan pengapian diatas 700 Selsius.
      -cobalah lagi dan gunakan api dari gas elpiji !

      • hendra says:

        Maaf pak, apakah plastik almu foil bekas kemasan susu bubuk/formula bisa dilebur? Balas ke email, Trims

  52. Laude Adhi says:

    Yth Admin, Saya sudah mempunyai usaha almunium ini dan mulai berjalan. namun ingin memperluas jaringan, apakah saya bisa tahu tempat dimana saja yang bisa menampung / membeli hasil almunium kami ?

    Dan dimanakah saya bisa mendapatkan bahan baku yang berkualitas ?

    Dan saya sangat berharap bapak bisa membantu saya dengan cara sharing atau konsultasi. mengingat saya baru menjalankan bisnis ini hanya seumur jagung.

    salam

    • Admin2 says:

      Perusahaan yg menampung atau membeli produk aluminium cor antara lain perusahaan panci/ kuali, perusahaan pembuat suku cadang kendaraan, pabrik pembuat partisi etalase/ kusen aluminium dll, itu silahkan telusur sendiri di google.
      Jika menginginkan bahan baku yg baik maka anda hrs membuka hubungan dg industri farmasi, industri minuman kaleng atau sejenisnya, buat komitment dg mereka spy anda dimasukkan dlm daftar rekanan mereka.

  53. ery says:

    Dear pak laude adhi.
    Kami bisa membeli aluminium ap saja. Jenis aluminium ap yang bapak jual, ?
    Untuk info selanjut ya bapak silahkan hub. Saya di 089666533137.
    Terimakasih.

    • Laude Adhi says:

      Dear pak Ery,

      Kami menjual alumunium berbentuk batangan yang sudah diolah melalui proses peleburan.

      baik pak, nanti saya akan hubungi.

      berikut juga nomor telpon saya 0818745528

      thanks

    • bagus says:

      dear pak ery
      almunium yang di cari jenis keras ato lembekan pak?

  54. Laude Adhi says:

    Dear all, para Almuniumers disni,

    Adakah rekan-rekan disini yang mempunyai bahan baku / mempunyai bahan almunium untuk di lebur ? tentunya dengan harga yang bersahabat dan damai.

    silahkan menghubungi saya

    salam

  55. Saragih says:

    Yth Admin,

    Mohon bantuannya untuk advis, saya memiliki rekanan pengumpul mengajak kerjasama membuat cor atau ingot dari sampah kaleng dan spare part motor kapasitas total per bulan kaleng 10 ton dan spare part motor 60 ton. Pertanyaannya:
    1. Berapa tungku yang saya butuhkan dan ukurannya
    2. Berapa konsumsi bahan bakarnya
    3. Berapa jumlah tenaga kerja
    4. Untuk menghasilkan kualitas yang baik apa saja paramaternya dan bagaimana mencapainya.

    Salam,
    Saragih
    081289700509

    • Hadijaya says:

      Jika mampu menampung bahan baku per bulan : kaleng 10 ton dan spare part motor 60 ton berarti memerlukan tungku yg relatif besar
      1. Tungku yang dibutuhkan sekitar 5 buah dg ukuran @ 100 Kg Al cair setiap 3 jam.
      2. Konsumsi bahan bakar batu bara sekitar 100 Kg setiap tungku untuk 9 jam operasi.
      3. Jumlah tenaga kerja 10 orang
      4. Untuk menghasilkan kualitas yang baik apa saja paramaternya dan bagaimana mencapainya.

  56. Sarah says:

    Selamat pagi,

    Saya mahasiswa Teknik Kimia POLBAN dan ingin meninjau langsung proses daur ulang aluminium ini. Ada yang tahu industri peleburan aluminium di Bandung? Terima kasih sebelumnya

  57. vidy says:

    saya menjual cover flux dan injection flux (pengangkat kotoran dalam peleburan aluminium) harga terjangkau, hubungi : vidy 0821-2511 1607, terimakasih

  58. syarif says:

    Dear all

    Saya mencari limbah almunium untuk di lebur, (lelehan, scrap, botol minuman, abu, dll )
    Saya berlokasi di daerah cikarang – Bekasi

    Hubungi saya
    Tlp. 081316936544, 08562267363
    Terimakasih……

    Salam

  59. Dandy Priandi says:

    Dear Admin dan All

    Apakah ada yang bisa membantu utk supply aluminium bekas kaleng minuman ???
    mohon info lengkap harga dll

    silahkan hubungi di 087781144833

  60. Corrine says:

    alumni-ut.com has potential, you can make your
    blog go viral easily using one tricky method. Just
    type in google:
    Kimting’s Method To Go Viral

  61. Agus Maulana says:

    Dear bpk/ibu Kami menjual berbagai macam type dan bentuk Heater sesuai permintaan customer, Heater yg kami produksi terdiri dari Tubular Heater, Immersien Heater, Spiral Kawat Heater, Dll. Kami juga menjual berbagai macam type thermocouple seperti Thermocouple Type K, J, T, E, R, S, B dan PT 100. Kami juga menjual Thermocouple Silicone Nitride untuk di Melting Furnace.

    Kami pun dapat memproduksi dan me-reparasi berbagai macam Furnace dan Oven diantara nya adalah Muffle Furnace, Laboratorium Furnace, Hardening Furnace, Annealing Furnace, Carburizing Furnace, Nitriding Furnace, Holding Furnace dan Melting Furnace. Jika ada kebutuhan bisa email ke agusneoindo@yahoo.com

  62. Kuaalitas – Pastikan bahwa perusahaan Anda elah memilih mampu memberikan layanan berkualitas .
    Anda akan dapat benar-benar uang tunai dalam kode phhp kemajuan jawaban dari toko mereka dengan harga yang
    wajar . Lihatlah bagaimana sebuah perusahaan melakukan pengembangan web,
    dan memutuskan apakah itu .

  63. mada says:

    limbah itu masih bisah di olah tpi membutuhkan proses lgi

  64. Dedy Susanto says:

    Dear, All
    Saya memiliki logam aluminium dalam bentuk bahan baku /rongsok dalam jumlah yang banyak (skala pabrik). Apabila ada yang berminat untuk membeli, dapat menghubungi saya di no. 082242995308

    salam

  65. HermanL says:

    Dear gan.apakah aluminium bekas seher/piston termasuk bagus untuk dilebur.saya ingin mencoba melebur dan mencetak menjadi aksesoris senapan angin dengan propane gas furnace.Apakah hasilnya cukup solid dan nggk kasar?
    Mohon jawabannnya gan.

    • Hadijaya says:

      hasilnya bisa bagus jika dipadukan dg unsur lain, misalnya Mg, Fe, Si dan B dg komposisi yg tepat

  66. jamal says:

    pa klo melebur nya pake gas lpg,trus almunium di masukan ke kowo grafit bisa?

  67. syarif says:

    Dear admin and all
    Terima limbah almunium buat peleburan…….
    Lelehan almunium, abu almunium dan tembaga
    Semua bahan almunium

  68. syarif says:

    Contac person : 081316936544
    WA : 08562267363
    BB : 52AC0727

  69. mada says:

    saya mencari krja an melebur almunium 085707499244

  70. mada says:

    ikut kerja home industri melebur di jombang dan membuat cairan di pt batavia cylindon

  71. Ibu nina says:

    Sy pemula usaha kemasan aluminium foil.sy sedang cari pemasok alufoil kiloan lepas ato roll.
    Mgkn ada yg bisa jd pemasok usaha saya. Trima kasih.
    Hubungi : 081330371598

  72. indra says:

    Salam kenal admin, saya butuh ingot aluminium 90an % sekitar 30 ton/bln continue. Di utamakan sekitar Sumut
    Tks

  73. Faradilla says:

    Saya bisa membantu utk limbah almunium nya dan utk jual hasil ingot almunium nya langsung kepabrik penerima nya..mdh2an berkenan hub WA 082130502228

  74. iqwal alqari says:

    kalo sudah dilebur terus untuk dijadikan seperti abu bagaimana ya admin? mohon pencerahanya. terimakasih

  75. jane says:

    bang saya coba lebur aluminium poil pake lpg, ko hasilnya ga mencair malah? jadi serbur!!!
    klo beli greyhon dimna?
    saya dah ke toko kimia ga ada yg tau?
    greyhon bentuk nyala seperti apa?

    • Hadijaya says:

      Greyhon memang jarang ada ditoko
      Melebur Al-foil ada ilmunya, kl gak tau ilmunya gak akan cair malah jd abu semua … hehe
      Kami siap datang bila dibutuhkan

  76. ALEXANDER says:

    Perkenalkan nama saya alex , saya membutuhkan kaleng dalam jumlah yang besar , saya membutuhkan 400 ton lebih dalam sebulan,karena saya bermain di bidang peleburan,yang saya mau yaitu kaleng minuman yang berbasis alumunium seperti pocari sweat,cocacola,sprite,dan yang lainya bila ada teman yang ingin berkerja sama silahkan hubungi saya di ( 0822-610-101-21 ) dan selain kaleng minuman saya juga menerima siku,blok mesin,plat alumunium,dan pipa ac , yang pasti mengandung alumunium,bila ada silahkan hubungi saya dan semoga kita bisa menjadi partner dalam jangka panjang karena saya ingin rutin tiap bulan nya.. terima kasih.. salam hormat saya..

  77. Syaif says:

    Untul almunium gram (sisa potongan yg berupa serbuk) apa bisa di lebur trimz ..

  78. jilka says:

    Saya mau tny,,kalo bhn bakarnya dari kayu utk pleburan 1 ton almunium m’ btuhkan brp kubik kayu kira”???

    • Hadijaya says:

      tergantung jenis kayunya dong, sebab kayu itu ada yg cuma nyala sebentar lalu habis jd abu

  79. occir says:

    pak skrng greyhon /kilo nya brp rupiah?

  80. Alexander says:

    Selamat pagi.. Saya Alex dari PT. FEDERAL INDUSTRY INDONESIA, kami sedang mencari aluminium foil yg murni non plastik dan kertas bila teman2 ada yg punya boleh hubungi saya langsung di 0822-610-101-21
    Perusahaan kami berjalan di bidang serbuk aluminium dan kami butuhkan sangat banyak alumunium foil terimakasih.. Alex(0822-610-101-21)

  81. Alexander says:

    Salam admin bila ada limbah aluminium foil baik dalam bentuk roll ataupun cacahan boleh di Infokan.. Saya Alex dari PT. FEDERAL INDUSTRY INDONESIA tolong di Infokan bila ada di telp dan wa saya 0822-610-101-21 terima kasih..

  82. Alexander says:

    Perkenalkan kan saya Alexander dari PT. FEDERAL INDUSTRY INDONESIA kami bergerak di bidang serbuk aluminium dan kami membutuhkan limbah alumunium foil dalam jumlah yg banyak, apa bila teman2 ada yg bermain di bidang limbah alumunium foil dan berminat untuk menjadi suplier kami boleh hubungi saya di 0822-610-101-21 yg terpenting aluminium foil nya murni non plastik dan kertas.. Bila berminat boleh hubungi saya di 0822-610-101-21 terima kasih.. 😁 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *