Pelantikan Pengurus IKA-UT Wilayah Makassar

New Picture (5)

Beberapa rekan Pengurus IKA-UT Pusat di penghujung bulan Februari 2013 lalu masing-masing telah terjadwal dalam tugas melantik Pengurus IKA-UT Wilayah, antara lain Drs. Leles Sudarmanto, MM melantik Pengurus IKA-UT Wilayah Gorontalo dan Drs. Khayatun, Msi melantik Pengurus IKA-UT Wilayah Surabaya.
Sementara itu Hadijaya, MPd mendapat tugas ke Provinsi Sulawesi Selatan untuk melantik Pengurus IKA-UT Wilayah Makassar. Pelantikan dilaksanakan Senin 25 Februari 2013 di Hotel Sahid Jaya Makassar. Hadir dalam acara tersebut Kepala UPBJJ UT Makassar ibu Andi Sylvana, SE, MSi selaku Ketua Dewan Pembina Ikatan Alumni Universitas Terbuka Wilayah Makassar.
Dalam prosesi yang dihadiri 900 calon wisudawan UT, Hadijaya membacakan susunan Pengurus IKA-UT Wilayah Makassar yang dilantik untuk Masa Bakti 2012 – 2017, antara lain :
Ketua : Drs. Nasrullah Syam
Wakil Ketua : Dra. Haniah
Sekretaris : Musli, SPd
Wakil Sekretaris : Hj. Surnaeni, SPd
Bendahara : Hj. Ros Astiani, SPd
Wakil Bendahara : Drs.Hendy Leman
Ketua Bidang Organisasi & Kelembagaan : Yunus, SPd
Ketua Bidang Pengembangan SDM : Nadjamuddin Djalle, SIP
Ketua Bidang Pengembangan Teknologi Informasi : Hafizah Nawawi, SPd
Ketua Bidang Kerjasama dan Hubungan Masyarakat : Tavip Santoso, SIP
Ketua Bidang Advokasi dan Sosialisasi : Siti Faridah, SPd
Ketua Bidang Penelitian dan Konsultasi : Jakob Hasan Siregar, SIP
Ketua Bidang Fasilitas Kegiatan : Siti Aslindah, SIP, MPd
IKA-UT Makassar bermarkas di Jl. Monginsidi Baru No. 7 Makassar (90142) satu atap bersama kantor UPBJJ UT. Hal ini tentu saja sangat strategis mengingat bahwa IKA-UT memerlukan gedung sekretariat yang lokasinya mudah dijangkau dan terletak di pusat kota Makassar.
Sebagian pengurus inti IKA-UT Makassar notabene adalah pensiunan PNS maupun pensiunan BUMN namun masih energik serta memiliki banyak waktu untuk menangani berbagai program kerja IKA-UT yang dicanangkan kedepan.
Hadijaya menyatakan rasa gembira dengan telah terbentuknya kepengurusan IKA-UT Makassar yang berarti bertambah lagi satu wadah yang diharapkan mampu menyalurkan potensi alumni UT di wilayah Makassar.
Menurut Hadijaya, pengurus IKA-UT disuatu wilayah perlu segera dibentuk ketika jumlah alumni kian meningkat jumlahnya. Calon wisudawan yang secara otomatis menjadi alumni UT wilayah Makassar pada penghujung bulan Februari 2013 sebanyak 900 orang. Jumlah tersebut merupakan tambahan dari sekian ribu alumni UT yang pernah diwisuda pada tahun tahun sebelumnya. Pembentukan pengurus IKA-UT Makassar secara formal tentu saja cukup mendesak mengingat perkembangan jumlah alumni UT UPBJJ Makassar kian meningkat dari setiap penyelenggaraan upacara penyerahan ijazah (UPI) yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.
Hadijaya berharap agar para alumni UT dengan kompetensi yang dimiliki dapat meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat serta mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu dan profesi. Hal tersebut dirasa penting dalam upaya meningkatkan citra Universitas Terbuka sebagai sebuah Institusi yang mampu bersinergi dengan berbagai Lembaga Litbang dan Industri untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.
Hadijaya juga memperkenalkan fokus kegiatan IKA-UT Pusat dalam pembinaan kelompok ilmiah remaja disekolah menengah atas. Kaderisasi peneliti remaja agar menyukai ranah eksperimen harus terus berlanjut, mengingat bahwa jumlah peneliti di Indonesia masih relatif sedikit dibandingkan negara-negara maju lainnya. Para alumni UT diharapkan untuk berkecimpung dalam meningkatkan inovasi teknologi. Salah satu ciri negara maju adalah jumlah hasil inovasi teknologinya yang tercatat sebagai hak cipta/ paten/ disain industri adalah sejajar dengan hasil inovasi dari negara maju lainnya. IKAUT melalui bidang pengembangan teknologi agar melakukan inovasi teknologi yang didaftarkan di kantor HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Dimasa yang akan datang hak cipta atas produk inovasi akan terus kita tingkatkan.
Pada sambutan penutupan acara pelantikan pengurus IKA-UT Makassar, Ibu Sylvana mengingatkan perlunya sosialisasi mengenai keberadaan organisasi alumni UT agar anggota baru mengetahui arah dan tujuan serta program kerja IKA-UT, hal itu mungkin dilaksanakan pada pertemuan mendatang. [gway]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *