Pameran Pendidikan di Mall Ratu Indah Makassar

Ut mksr

Minggu siang tanggal 24 Februari 2013 saya bertandang ke mall Ratu Indah Makassar dan secara tak sengaja melihat stand UT berada diantara sejumlah perguruan tinggi lainnya yang menjadi peserta pameran pendidikan. Pameran tersebut berlangsung sejak hari Jum’at 22 Februari 2013 dan Minggu sore merupakan hari penutupan pameran.
“Universitas Terbuka itu negeri apa swasta sih ?” seorang pengunjung setengah berbisik menatap stand UT UPBJJ Makassar disela-sela pengunjung lainnya. Belakangan saya ketahui dia bernama Melani Verawati karyawati sebuah perusahaan assuransi di kota Makassar. Selama ini dia sudah mendengar keberadaan UT di Makassar namun belum banyak tau tentang status dan mekanisme pembelajaran jarak jauh yang diterapkan UT seperti apa. “Kapan ya UT buka pendaftaran mahasiswa baru ?” lanjut Melani kepada ibu petugas jaga stand UT Makassar.
Saat itu petugas jaga stand UT Makassar yang sibuk melayani pengunjung adalah ibu Risna, SE, MM didampingi ibu Nina. Sambil memberikan secara gratis sebuah tas kuning berisi kalender akademik 2013, beberapa leflet tentang Fakultas MIPA, Fekon, FKIP, FISIP dan leflet Pasca Sarjana ibu Risna terus menjawab pertanyaan Melani. “Saya dulunya lulusan dari Unhas dan ingin melanjutkan S-2 namun sedang mencari celah yang tepat karena saat ini saya bekerja”, demikian Melani menjelaskan maksud kedatangannya di stand UT.
Sosialisasi keberadaan UT sebagai perguruan tinggi negeri memang perlu terus dilakukan agar masyarakat dapat mengenal UT lebih jelas. Teknis sosialisasi dapat dilakukan melalui keikutsertaan pameran, pengenalan ke sekolah-sekolah menengah atas (SMA dan SMK) atau bahkan dilakukan melalui media elektronik maupun surat kabar daerah.
Risna, SE, MM menjelaskan bahwa mahasiswa aktif di UT UPBJJ Makassar hingga saat ini hampir mencapai 25 ribu orang diantaranya adalah para guru, PNS maupun karyawan swasta.
Sekalipun terlihat agak lelah setelah seharian melayani pengunjung, namun dari raut wajahnya tampak bahwa bu Risna dan bu Nina cukup puas melayani stand UT Makassar dihari penutupan itu, “Lumayan… banyak pengunjung yang hadir !” kata bu Risna sambil tersenyum. “Selamat ya bu !”, jawab saya sambil pamitan [Gway].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *