Nanas Nikmat dan Berkhasiat

M3361S-3034


Dulu saat masa kanak-kanak, saya sering diberi teka-teki oleh kakak yang kini berprofesi sebagai dokter. “Bersisik bukannya ikan, bermahkota bukannya raja… apakah itu ??” katanya sambil menanti jawaban. Tapi karena saya tidak tau, maka dia pula yang menjawab : “Nanas !”, begitu katanya.

Nanas Palembang terkenal akan rasanya yang sangat manis. Nanas mengandung serat dan banyak air serta kaya akan vitamin (vitamin A, B12, C dan E) sebagai antioksidan.
Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dektrosa, sukrosa, enzim bromelin serta asam sitrat.
Dektrosa dan sukrosa yang cukup tinggi pada nanas Palembang menjadi ciri akan rasanya yang begitu manis.
Enzim bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.
Nanas sebagai buah berserat membantu mempermudah buang air besar sehingga berguna bagi penderita sembelit. Nanas juga mengandung phitochemical sebagai anti oksidan yang baik untuk kesehatan.

Di Komering Ulu, Palembang dan sekitarnya sejak dulu kaum ibu menggunakan potongan buah nanas untuk memasak daging. Kandungan enzim bromelin ternyata dapat melunakkan daging sehingga daging akan mudah dikunyah, tidak alot. Bahkan nanas digunakan juga sebagai bahan campuran sambal, maka tak heran ketika selesai makan sambal nanas badan menjadi berkeringat karena kandungan sitrat pada nanas bersifat meluruhkan lemak dan mengurai protein susu dan gelatin sehingga menghambat penggumpalan trombosit.

Sebagian orang menganggap bahwa nanas dapat juga mengatasi gangguan haid dan aterosklerosis. Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penggumpalan lemak (lipid) pada dinding arteri. Lemak tersebut pada mulanya cair seperti minyak namun seiring dengan berjalannya waktu maka ia akan mengental lalu membeku. Ketika jumlahnya makin banyak maka berakibat jaringan arteri akan tersumbat (saluran mampet). Bila arteri yang mampet itu berada di jantung (arteri koroner) tersumbat, maka ia terkena serangan jantung. Gejala awalnya adalah irama detak jantung abnormal. Bila arteri otak (arteri serebral) yang tersumbat, maka ia mengalami stroke.
Aterosklerosis mulai berkembang saat seseorang masih muda, namun gejalanya belum begitu nyata. Berkeringat pada sebagian anggota badan atau nyeri otot lengan/ kaki tanpa sebab mungkin merupakan stadium menengah, sedangkan serangan jantung koroner atau stroke adalah stadium lanjut.

Untuk mengantisipasi berbagai gangguan tersebut ada baiknya bila kita rajin mengkonsumsi buah nanas, toh rasanya nikmat, sehat lagi pula harganya relatif murah. Nanas Palembang yang dijual di wilayah Tangerang Selatan berkisar antara delapan ribu hingga sepuluh ribu rupiah perbuah.[Gway]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *