Mengisi Waktu Luang dengan Teka Teki Silang

Gway Soal TTS-1 IKAUT

Teka Teki Silang dapat dimanfaatkan sebagai model pembelajaran bahasa maupun pengetahuan umum lainnya. Pembelajaran dengan mengisi TTS seperti ini diharapkan dapat meningkatkan keingin-tahuan para pembelajar untuk menjawab dengan baik dan benar. Sehingga dengan membiasakan bermain TTS maka para pembelajar akan lekas pandai.

Dalam menyajikan format gambar kotak-kotak kita perlu menguasai aplikasi “paint” yaitu program khusus menggambar. Caranya cukup mudah dengan mengikuti tutorial berikut ini dan dapat dilakukan sendiri menggunakan computer dirumah anda.

Butuh jam terbang yang banyak supaya dapat menggunakan aplikasi “paint” secara cermat dan cepat. Berikut ini saya sajikan model latihan TTS Online Bagian 1, silahkan saudara jawab dan kirimkan jawaban anda kepada admin melalui email : ikaut.alumni.ut@gmail.com

Perlu anda ketahui pula bahwa lembar jawaban harus diunduh terlebih dahulu dengan mengklik tombol kiri pada gambar lalu klik kanan mouse anda kemudian “save image as” dan simpan pada komputer anda dalam file gambar jpeg. Untuk mencantumkan jawaban pada form yang diunduh tadi gunakan program paint. Selamat mencoba semoga sukses !

Pertanyaan mendatar :
5. Kesombongan; kesewenangan; 8.Mantan Rektor UT; 9.Kemerosotan, kebobrokan; 12.Bukan jalan tembus; 13.Nama satu UPBJJ di Sulawesi; 14.Lembaran logam yang sangat tipis; 15.Harapan; 18.Minuman khas Korea yang terbuat dari kotoran manusia; 24.Air terjun di AS; 26.Patokan, landasan; pegangan; 27.Memberi hembusan angin lewat mulut; 28.Shaum 29.Wanita Mantan PM.Inggris; 30.Yang diperingati setiap tanggal 12 Juli; 33.Singkatan nama Gubernur Prov.Babel (juga sebagai Ketua IKAUT Pusat); 36.Pelindung kepala saat mengendarai motor; 37.Pemberitaan melalui corong suara; 39.Nama buah yang bersisik dan bermahkota; 40. Nama depan pembalap wanita Indonesia tingkat Asia Tenggara.

Pertanyaan menurun :
1. Pramuka; 2.Tampil di pentas berempat; 3.Saran; 4.Era; 5.Dikau; 6.Ikut ambil bagian dalam upaya bersama; 7.Cepat saji; 10.Pemimpin kelompok, 11. Yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah; 12.Bercahaya terang disaat malam purnama; 13.Suara macan; 16.Cara; 17. Mata uang Jerman; 19.Surat Perintah Sebelas Maret; 20. Sebutan oleh orang Indonesia untuk VOC; 21. Gelar pencapaian akademik yang berarti “dengan kehormatan” atau dengan pujian; 22. Nama stasiun kereta api di Jakarta; 23.Perlengkapan sholat kaum wanita 25.Bukan professional; 31.Pilihan; 32. Tali gitar, tali raket; 34.Bahan pencuci; 35.Alat penjepit; 36.Upaya mempercantik, memperindah; 38.Pegas.

Kunci jawaban dapat anda ketahui beberapa pekan mendatang dan akan kami sajikan di Face Book pada grup : Forum Komunikasi Antar Alumni UT.

Rekan-rekan alumni pembelajar yang tangguh… Sebetulnya ada program yang lebih canggih dan praktis dalam membuat permainan TTS ini sehingga lebih mengasyikkan yaitu Program Crossword puzzle, gambar kotak-kotak TTS tidak perlu diunduh dan langsung diisi dengan cara menempatkan cursor pada kolom yang akan kita isi. Cursor akan menggeser dengan sendirinya kekanan untuk jawaban mendatar dan dapat pula menggeser kebawah untuk jawaban menurun. Pemakaiannya sungguh mantap, praktis dan sederhana. Namun kami belum menguasi cara mengaplikasikan program kedalam web dan sedang mempelajarinya, mungkin dilain waktu akan kami tampilkan setelah kami menguasai cara mengaplikasikannya sebagai TTS Online pada Website Alumni UT ini.[Gway]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *