Makan Kacang Mengurangi Resiko Kanker Usus

kcgn4
Minggu pagi, 24 April 2016 saya jalan-jalan ke Desa Kranggan Kecamatan Cisauk Tangerang Banten. Ada sebuah tempat yang menarik disana untuk saya kunjungi yaitu unit pengolahan kacang garing. Sebetulnya di Desa Kranggan banyak terdapat usaha sejenis dan konon Kranggan menjadi daerah pensuplay kacang garing bagi wilayah Jabodetabek.
kcngj
kcngn6
Ketertarikan saya pada tempat tsb setelah mengetahui informasi bahwa kacang-kacangan dapat menurunkan risiko terkena kanker usus. Penelitian telah dilakukan oleh Aesun Shin, dari Seoul National University College of Medicine. Shin menemukan bahwa mengkonsumsi kacang selain bermanfaat untuk menurunkan risiko kegemukan, diabetes, dan penyakit jantung, ternyata juga dapat menurunkan risiko kanker usus baik pada pria maupun wanita. Shin dan kawan-kawan menemukan bahwa pria yang mengonsumsi kacang tiga porsi atau lebih dalam sepekan, mempunyai 69% risiko lebih rendah terkena kanker usus, dibandingkan yang tidak mengonsumsi kacang.
kcgn8
kcgn9
Sementara wanita yang mengonsumsi kacang tiga porsi atau lebih, punya 81% peluang lebih rendah terkena kanker usus, dibandingkan yang tak makan kacang. Porsi kacang yang berpengaruh adalah 15 gram per porsi. Para peneliti beranggapan, kandungan yang dimiliki oleh kacang-kacangan, seperti serat dan antioksidan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker, … sebuah sumber menyebutkan demikian.
kcng2

rotaktanoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *