Laporan Hasil Rakernas IKA-UT 2015


LOGO IKA FORMAL

 

  

LAPORAN HASIL RAPAT KERJA NASIONAL

IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS TERBUKA

(RAKERNAS IKA-UT)

Pondok Cabe, 20-22 November 2015

 

 

 

TEMA :

“IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS TERBUKA  BERSINERGI

DAN MEMPERKUAT JARINGAN UNTUK MENDUKUNG

UNIVERSITAS TERBUKA  MEMBANGUN PAGAR BANGSA”

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

1.1. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Rakernas IKA-UT ini adalah :

  1. Membahas perubahan AD/ART IKA-UT yaitu :
  • Pembentukan IKA-UT Wilayah Luar Negeri
  • Organisasi
  • Sumber dana IKA-UT
  1. Penyampaian Sistem Pelaporan Kegiatan dan pelaporan keuangan IKA-UT Wilayah
  2. Program Beasiswa IKA-UT.

 

1.2. PENYELENGGARA

Rakernas IKA-UT Tahun 2015 ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan No: 17/A-1/PP-KEP/2015 TENTANG PENYELENGGARAAN RAKERNAS IKA-UT TAHUN 2015. Penyelenggara Rakernas IKA-UT Tahun 2015 adalah Pengurus Pusat IKA-UT. Dalam hal ini adalah Panitia Penyelenggara Rakernas IKA-UT Tahun 2015 yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan No.13/A-1/PP-KEP/2015 TENTANG SUSUNAN PANITIA RAPAT KERJA NASIONAL IKA-UT TAHUN 2015 MASA BHAKTI TAHUN 2014-2019.

1.3. WAKTU DAN TEMPAT

Penyelenggaraan Rakernas IKA-UT dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal                    : Jum’at – Minggu, 20-22 November 2015

Waktu                              :

Jum’at, 20 November            : Jam 16.30 – 21.30 WIB

Sabtu, 21 November                : Jam 06.00 – 22.00 WIB

Minggu, 22 November          : Kepulangan Peserta

Tempat                             : Gedung Serbaguna Universitas Terbuka, Pondok Cabe

 

 

Laporan Pelaksanaan Rakernas IKA-UT  Tahun 2015

 

Rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni Universitas Terbuka Tahun 2015 dibuka pada hari Jumat tanggal 20 November 2015 oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D di Gedung Serbaguna Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Rakernas IKA-UT ini dihadiri oleh 60 peserta dari perwakilan 30 wilayah di seluruh Indonesia. Perwakilan wilayah yang tidak hadir adalah IKA-UT Wilayah Ambon, Sorong, Ternate, Bengkulu, Aceh, Jogja, dan Palangkaraya.

Pembukaan Rakernas IKA-UT tahun 2015 ini selain dihadiri oleh perwakilan dari IKA-UT wilayah juga dihadiri oleh Kepala UPBJJ Jakarta, Serang, Banten, Bandung, dan Bogor serta jajaran dari Universitas Terbuka.

Acara pembukaan Rakernas IKA-UT tahun 2015 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Bapak Ir. Goklas Siahaan, MM dan kemudian dibuka oleh Rektor Universitas Terbuka. Selanjutnya disampaikan sambutan dari Ketua Panitia Rakernas   IKA-UT,  Ibu Sri Sumiati, SE., MM. dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum  IKA-UT, Ibu Linda Agum Gumelar, S.IP.

Dalam sambutannya Ketua Umum IKA UT,  Linda Agum Gumelar, S.IP, menyatakan bahwa IKA – UT mendukung tema Dies Natalis UT  ke-31,  yaitu membangun pagar bangsa, sehingga memilih tema rakernas IKA-UT yang selaras, yaitu “IKA-UT BERSINERGI DAN MEMPERKUAT JARINGAN UNTUK MENDUKUNG UNIVERSITAS TERBUKA MEMBANGUN PAGAR BANGSA.” Disampaikan pula bahwa perubahan AD/ART IKA-UT diperlukan karena ada kebutuhan organisasi yang belum diatur dalam AD/ART hasil munas tahun 2014 yaitu seperti pembentukan kepengurusan IKA-UT Luar Negeri mengacu pada SK Rektor No. 458 tahun 2014 tentang pembentukan UPBJJ UT Luar Negeri serta program beasiswa dari IKA-UT untuk mahasiswa UT yang membutuhkan, perlu segera disepakati dan ditindak lanjuti.

Perubahan hanya dilakukan pada hal-hal yang sangat penting. Ketua Umum juga berharap alumni UT dapat berkontribusi secara konkrit tidak hanya bagi Alumni UT dan masyarakat sekitarnya tetapi juga bagi bangsa. Alumni UT mempunyai potensi yg besar jika mau bekerja bersama-sama untuk berperan aktif berkonsentrasi bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Rektor UT, Ibu Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, dalam sambutannya menyampaikan beberapa arahan dan harapannya. Ibu Rektor menyatakan bahwa telah menginstruksikan dengan jelas bahwa UPBJJ harus bekerjasama dengan IKA UT. Beliau berharap IKA-UT dapat menjadi  partner strategi dalam membangun pagar bangsa, partner strategi dalam menggali dana untuk beasiswa, partner strategi untuk mengupdate guru-guru, serta partner strategi untuk mensosialisasikan UT dan membawa nama baik UT. Rektor mengusulkan agar IKA-UT membangun keakraban dengan cara mengadakan reuni per wilayah, membuat newsletter untuk update berita-berita, serta menyiapkan pengurus IKA-UT untuk menjadi Tutor mahasiswa UT.

Pada hari kedua, Sabtu 21 November 2015 merupakan Sidang Pleno Rakernas IKA-UT. Sidang Paripurna dibuka oleh ketua umum IKA-UT dengan materi :

  1. Pembacaan tata tertib Rakernas
  2. Pembentukan dan Pengesahan tim perumus yang terdiri dari :

1).  Ketua                : Titien Pamudji, S.IP ( Wakil Sekretaris Jenderal IKA – UT )

2).  Sekretaris         : Muhammad Firmansyah, S.Sos ( Sekretaris IKA – UT )

3).  Anggota            : Zulkifli Utama,  SE ( Ketua IKA – UT Medan )

4).  Anggota            : DR. Hidayatullah  ( Ketua IKA – UT Banjarmasin )

5).  Anggota            : Joko Prihartono ( Sekretaris IKA – UT Kupang )

 

Sidang Paripurna dipimpin oleh Ketua Umum IKA-UT didampingi Sekjen IKA-UT, Ketua I, Ketua II, dan Ketua III selaku pimpinan sidang.

Mengawali sidang pleno, Pembantu Rektor III dan Kepala UPBJJ Layanan Luar Negeri memberikan paparan singkat.

Dalam paparannya Purek III, Bapak Dr. Aminudin Zuhairi, M.Ed., menjelaskan tentang kebijakan UT tentang kerja sama UPBJJ dengan IKA UT wilayah. disampaikan bahwa IKA UT Wilayah harus  membangun komunikasi dan koordinasi aktif dengan UPBJJ UT serta menggalang kerja sama dan kemitraan dengan mitra dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan peran IKA-UT. Beliau juga mendorong agar bersama-sama berupaya meningkatkan budaya belajar sepanjang hayat dan menjadikan UT sebagai pagar bangsa. diharapkan IKA-UT dapat berpartisipasi aktif mendukung kegiatan UT dalam bentuk :

  1. Sumbangan dana beasiswa, bantuan pendidikan maupun fasilitas untuk kemajuan UT dan mahasiswa UT;
  2. Ikut terlibat dalam kegiatan akademik dan non-akademik dengan menjadi tutor, panitia dan sebagainya;
  3. Mengembangkan jejaring dan sosialisasi program UT;
  4. Penyediaan sarana dan prasarana tutorial, praktik/praktikum, dan ujian;
  5. Mediasi untuk memperoleh dana beasiswa/bantuan pendidikan dari sumber CSR maupun program magang mahasiswa; serta penghimpunan alumni pada kegiatan UPI.

 

Kepala UPBJJ Layanan Luar Negeri, Bapak Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc,

memberikan paparan terkait proses pembentukan IKA-UT Wilayah Luar Negeri. Dikatakan  bahwa IKA-UT Luar Negeri harus diusahakan untuk dibentuk meskipun. Jumlah mahasiswa UT diluar negeri saat ini dan yang nantinya berpotensi menjadi anggota IKA UT berjumlah sekitar lebih dari seribu delapan ratus orang tersebar di  lebih dari 15 negara di seluruh dunia. Banyak  hal yang bias dikerjakan oleh IKA-UT dengan potensi yang ada.

Setelah paparan singkat dari para narasumber, Sekjen IKA-UT, Bapak Drs. Leles Sudarmanto,MM  memberikan paparan singkat mengenai perkembangan IKA-UT. Diterangkan bahwa saat ini IKA-UT telah berpartisipasi untuk mendukung program UT yakni memberikan beasiswa perdana kepada mahasiswa di UPBJJ Manado juga berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi dan promosi UT. IKA-UT  juga aktif dalam kegiatan Wisuda maupun UPI serta konsolidasi antar pengurus wilayah maupun alumni di luar negeri. Dalam bidang pengabdian masyarakat, IKA UT juga turut serta dalam kegiatan bakti sosial, pemeriksaan kesehatan, IKA-UT juga sering mengadakan seminar dan pelatihan terutama di bidang teknologi. Sekjen juga menginformasikan bahwa saat ini IKA-UT sudah memiliki Rumah Alumni yang berada di Gedung BAUK Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Sidang paripurna dilanjutkan dengan Sidang Kelompok membahas rancangan perubahan AD/ART yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :

 

Kelompok I :

Terdiri dari perwakilan wilayah Medan, Padang, Batam, Pekanbaru, Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Samarinda, Manado, Gorontalo, Palu, Makassar, dan Kendari.

Ketua              : Bapak Drs. Nasrullah Syam (Ketua IKA-UT Wilayah Makassar)

Wakil Ketua    : Bapak Drs. Victor Zein (Sekretaris IKA-UT Wilayah Lampung)

Sekretaris        : Bapak Rusdiar, S.AP, M.Si (Ketua IKA-UT Wilayah Pangkal Pinang)

 

 

Kelompok II :

Terdiri dari perwakilan wilayah Jakarta, Bogor, Serang, Bandung, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Surabaya, Malang, Jember, Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Pada sidang paripurna ke-2 disampaikan presentasi dan tanggapan dari sidang kelompok.

Ketua              : Bapak Tri Wiyanto ( IKA – UT Jakarta )

Wakil Ketua    : Bapak Arifin ( IKA – UT Jember )

Sekretaris        : Bapak Darman ( IKA – UT Bogor )

 

 

Setelah melalui proses diskusi secara demokratis terjadi kesepakatan antara lain:

  1. Iuran anggota, disetujui tetap Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah);
  2. Iuran anggota yang dikelola oleh wilayah dan cabang diatur 70% untuk wilayah dan 30% untuk cabang. Beberapa usulan lain ditampung oleh Pengurus Pusat dan menjadi bahan pertimbangan Munas yang akan datang;
  3. Kelompok I dan Kelompok II sepakat adanya perubahan AD/ART hasil Rakernas yang akan disahkan dan dipertanggungjawabkan dalam Munas mendatang;
  4. Peserta Rakernas menyepakati bahwa perubahan AD/ART hasil Rakernas dapat dijadikan pedoman berorganisasi sejak penandatanganan kesepakatan.

Penandatanganan Naskah Kesepakatan IKA UT Pusat dengan IKA UT Wilayah sebanyak 28 wilayah, yakni : Medan, Padang, Batam, Pekanbaru, Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Samarinda, Manado, Gorontalo, Palu, Makassar, dan Kendari, Jakarta, Bogor, Serang, Bandung, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Surabaya, Malang, Jember, Denpasar, Mataram, dan Kupang. Disahkan dengan Ketetapan Rakernas nomor 01 /Rakernas / 2015 Tanggal 21 November 2015 tentang kesepakatan perubahan AD dan ART Hasil Rapat Kerja Nasional IKATAN ALUMNI UT Tahun 2015 ( Terlampir ).

Naskah kesepakatan yang ditanda tangan oleh Pengurus IKA – UT Pusat dan 28 Pengurus Wilayah  menjadi lampiran Keputusan Rakernas nomor 01 / Rakernas / 2015 ( terlampir ).

Selesai penandatanganan kesepakatan, acara dilanjutkan dengan penjelasan dan sosialisasi tentang sistem pelaporan kegiatan dan pelaporan keuangan IKA UT oleh Ibu Ajeng Sundari Kusnadi, S.IKom dan Bapak Firmansyah, S.Sos. Dalam paparannya, Bapak Firmansyah, S.Sos menjelaskan bahwa pengurus wilayah wajib membuat laporan keuangan tahunan untuk dilaporkan kepada pengurus pusat. Semua pengeluaran uang harus melalui persetujuan dari Ketua dan Bendahara, serta dilengkapi dengan bukti pendukung transaksi keuangan. Misalnya, Nota, faktur, kuitansi, dll. Pembuatan laporan (buku kas umum) di wilayah disesuaikan dengan situasi dan kemampuan tiap wilayah (bulanan, triwulan, atau semester).

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai program Beasiswa yang dipimpin oleh Ketua Umum IKA-UT / Ketua Sidang, Ibu Linda Agum Gumelar,S.IP. disampaikan bahwa beasiswa merupakan program unggulan dari IKA-UT. IKA-UT Pusat telah melaksanakan program beasiswa bekerjasama dengan UPBJJ UT Manado melalui Pembantu  Rektor IV UT.

Program beasiswa juga telah dilakukan oleh beberapa IKA-UT Wilayah, diantaranya IKA-UT Wilayah Bogor, Makassar, Banjarmasin, dll. Uang Aktivasi Anggota antara lain dimanfaatkan untuk pemberian beasiswa di wilayah masing-masing. Program beasiswa disepakati untuk dilaksanakan oleh semua wilayah mulai bulan Juli tahun 2016.

Sebelum menutup Rapat kerja Nasional IKA-UT, Sekjen IKA-UT membacakan dan mengesahkan Ketetapan Rakernas-IKA UT Nomor : 02 / Rakernas / 2015 Tanggal 21 November 2015 tentang Hasil Rapat Kerja Nasional IKA UT tahun 2015.

Laporan tim perumus Rakernas IKA – UT Tahun 2015 dibacakan oleh Ibu Titien Pamudji, S.IP. selaku Ketua tim perumus ( terlampir ).

Sidang penutupan ditandai dengan sambutan Ketua Umum IKA – UT / Ketua Sidang dan sekaligus menutup Rapat Kerja Nasional IKA-UT Tahun 2015.

 

 

PENUTUP

  1. Perlu dilaporkan pula bahwa disela kegiatan Rakernas IKA – UT 2015 setelah senam pagi bersama pada hari Sabtu pagi tanggal 21 – November 2015, juga dilaksanakan penyerahan secara simbiolis bibit tanaman sekaligus penanaman secara simbiolis pohon gaharu, sukun, mangga dan kemiri oleh Pembantu Rektor III.

Setelah penutupan Rakernas seluruh peserta menuju kediaman Ketua Umum IKA – UT untuk acara “ Malam Keakraban “ yang dihadiri oleh seluruh peserta, Rektor Universitas Terbuka, Pembantu Rektor III – UT dan Bapak Agum Gumelar.

 

  1. Demikian laporan hasil Rakernas IKA-UT Tahun 2015 ini kami buat, dengan harapan laporan kegiatan ini dapat menjadi acuan demi perkembangan kegiatan-kegiatan serupa pada periode berikutnya. Kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan selama pelaksanaan Rakernas, IKA – UT tahun 2015 dan terimakasih atas perhatian dan kerja sama yang baik kami diantara sesama panitia serta arahan dari Ketua Umum dan Sekjen IKA – UT.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *