Langkah Awal Budi Daya Ayam Kate

katenekate5
Dinamakan ayam Kate karena perawakannya kerdil atau cebol atau kecil. Di kampung saya Komering Sumatera Selatan lebih dikenal dengan nama Ayam Beruga. Belum diketahui secara pasti mengapa orang cenderung menyebutnya Ayam Kate bukan Ayam Beruga, mungkin sebutan beruga lebih mengena untuk ayam kate yang hidup di hutan.
Ketika masih remaja usia belasan tahun (1975), saya sering mudik ke Komering menjenguk kakek-nenek serta segenap famili di desa. Menginap di ladang bersama paman bibi dan kakek nenek di saat menjelang panen padi sungguh mengasyikkan.
tiyuh4tiyuh3
Suara kicau burung-burung dan lambaian nyiur kelapa yang tertiup angin sukar dihapuskan dari ingatan. Selain itu berburu hewan dihutan menjadi kegembiraan tersendiri karena bagi remaja yang rasa ingin tahunya besar, masuk hutan dengan mengendap-endap dan penuh tantangan menjadi pembelajaran yang sarat makna. Saya pertama kali mengenal ayam beruga adalah pada saat perburuan tersebut. Ayam beruga yang demikian liar itu hanya dapat ditangkap dengan cara ditembak atau dijerat memakai ranjau atau jebakan. Jebakan itu dibuat dari bilah-bilah bambu yang terdiri dari sebuah satang lentur yang ujungnya dipasang tali senar panjangnya sekitar 1 meter. Satang ditancapkan tak jauh dari jebakan yang tersusun dari lidi-lidi.
width="253"tiyuh5a
Tali senar dibentangkan dibawah lidi-lidi yang diberi pemicu untuk menahannya. Ketika kaki ayam menginjak lidi-lidi maka pemicu itu akan terlepas dan satang bambu akan menarik tali senar keatas sehingga kaki ayam akan terjerat. Diujung satang diikatkan pula secarik kain kecil yang akan berkibar ditiup angin ketika satang berdiri tegak, tujuannya adalah untuk memudahkan pemantauan dari kejauhan. Sebelum memasang jebakan, kami melakukan identifikasi jejak-jejak kaki ayam di hutan rimba yang demikian luas itu.
tiyuh6tiyuh8
Setelah menemukan lokasi yang terdapat banyak jejak kaki ayam barulah jebakan dipasang. Jebakan yang dipasang tak hanya satu tapi bisa dua atau tiga sekaligus dalam jarak berdekatan. Dibawah jebakan ditaburkan segenggam padi. Jebakan itu dipasang pagi hari saat matahari muncul di ufuk timur, setelah matahari melintas diatas kepala barulah jebakan itu ditengok. Ayam beruga yang terjerat itu dipelihara dan dijinakkan. Ayam beruga yang masih relatif muda biasanya mudah dijinakkan ketimbang yang tua.
kate3
kate7
Ayam Kate yang diperjual-belikan para pedagang hewan piaraan saat ini kemungkinan adalah anak turunan ayam beruga yang sudah berhasil dijinakkan. Tiga bulan lalu saya membeli sepasang ayam kate. Ayam dimasukkan kedalam kandang besi hanya semalam, esok paginya dibiarkan keluar kandang dan bermain di halaman rumah. Demikian jinaknya maka kami tak khawatir ayam tersebut kabur atau menghilang. Sore menjelang maghrib mereka sudah masuk kandang lagi. Ayam kate diberi makan campuran terdiri dari dedak 2 Kg + pur 1 Kg + Jawawut 0,5 Kg pakan tersebut cukup untuk menghidupi sepasang ayam kate selama 10 hari.
kate6
kate2
Baru saja dipelihara seminggu, ayam sudah mulai bertelur. Ayam kate betina bertelur sampai 11 butir lalu pada hari ke dua belas berhenti bertelur dan mulai mengeram. Lama mengeram 21 hari, 9 butir telur yang dieram berhasil menetas dengan baik menjadi bayi-bayi ayam kate, hanya 2 butir telur gagal menetas.
Anak ayam yang baru menetas sebaiknya tidak dibiarkan dibawa induknya keluar kandang. Banyak hal yang dapat membahayakan keselamatan anak ayam kate, misalnya :
1. Basah terkena embun rerumputan atau kehujanan,
2. Masuk selokan dan tak dapat naik,
3. Diserang / disantap tikus got atau kucing
4. Tersangkut tali/ benang sehingga tak dapat jalan
5. Terlindas kendaraan di jalanan dll
katee
Rawat anak anak ayam itu dalam kandang tertutup sebagian agar induknya dapat keluar masuk kandang tanpa dapat diikuti anak anaknya. Setelah berumur 2 minggu dan bulu-bulu halusnya berganti menjadi makin tebal barulah anak ayam itu dibolehkan keluar bersama induknya. Anak ayam kate itu bersama induknya hanya sekitar 2 bulan saja. Setelah masa tersebut sang pejantan akan merayunya kembali agar dia kembali bertelur. Siklus [bertelur-menetas-membesarkan anak-kembali bertelur] ini berlangsung sekali 3 bulan.
kate4
Kini ayam kate yang kami pelihara mulai mengeram lagi untuk yang kedua kalinya sementara anak anaknya sudah mulai mandiri dan makin beranjak remaja. Pada usia 6 bulan anak-anak kate itu mulai menyukai pasangannya dan kita harus menyediakan beberapa baskom rumput untuk tempat mereka bertelur.

Langkah awal percobaan budi daya ayam kate ini masih menempati halaman perumahan Batan Indah Serpong. Agaknya akan lebih layak jika tersedia lahan 500 M2 yang jauh dari pemukiman penduduk sebagai tempat perkembang-biakan ayam-ayam kate kita.
Ayo siapa yang punya lahan dan mau kerjasama dengan IKAUTPUS dalam budidaya ayam kate. Jika memungkinkan dimasa yang akan datang akan kita budidayakan juga jenis jenis unggas lainnya seperti ayam kalkun, ayam pelung, ayam cemani, ayam bekisar, ayam ketawa, berbagai jenis bebek dan angsa.
katenye
Jika saja masing-masing alumni didaerah juga membudi-dayakan ayam khas daerah masing-masing betapa hebatnya usaha peternakan IKAUT, pertukaran ayam atau telur antar alumni tentu memiliki keunikan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *