IKAUT Pusat Menawarkan Kursus Singkat Aplikasi Komputer dan Internet Tingkat Pemula

kom4

Mengamati perkembangan teknologi informasi akhir-akhir ini yang semakin marak dikancah pergaulan dunia maya, orang mau tak mau harus menyesuaikan diri untuk mampu menggunakan komputer dan mengaplikasikan internet sehingga dapat mengetahui pula seluk-beluk dunia maya sambil ikut berperan dalam hal pertukaran informasi dengan pengguna dibelahan dunia lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Melalui aplikasi internet, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain sambil bertukar informasi, ilmu pengetahuan, berbisnis dan lain sebagainya.
Perkembangan/ kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara, institusi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk pendidikan/ pembelajaran. Perangkat lunak yang telah dihasilkan akan memungkinkan para pengembang pembelajaran (instructional developers) bekerjasama dengan ahli materi (content specialists) mengemas materi pembelajaran elektronik (online learning material). Setelah bahan pembelajaran elektronik dikemas dan dimasukkan ke dalam jaringan sehingga dapat diakses, maka kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan adalah mensosialisasikan ketersediaan program pembelajaran tersebut agar dapat diketahui oleh masyarakat luas khususnya para calon peserta didik. Potensi internet tentunya dapat diperkaya lagi untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu maka para guru juga perlu mendapatkan pelatihan agar mampu mengelola dengan baik penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui intenet terutama agar mengenal IT (Information Technologi) dengan segala keberagamannya.
Perkembangan teknologi informasi (IT) saat ini telah merambat dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, manajemen organisasi, bidang pendidikan bahkan berbagai ilmu pengetahuan. Peranannya cukup besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi.
Komputer mulai dikenal masyarakat Indonesia sekitar 70-an, internet mulai dikenal sekitar tahun 90-an sedangkan jejaring sosial yang berhubungan dengan internet mulai banyak dimanfaatkan diawal tahun 2000-an. Hingga saat ini aplikasi technologi informasi itu terus berkembang dan semakin mapan dipelajari dibangku sekolah dalam materi pembelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi).
Saat ini kalangan pelajar dan mahasiswa sebagian besar sudah mampu menguasai teknologi informasi dan menggunakan komputer sebagai sarana komunikasi selain telepon seluler. Namun kalangan tertentu (level bapak-bapak dan ibu-ibu) yang mengenyam pendidikan SMA/ SMK di-era tahun 90-an masih banyak yang belum menguasai aplikasi technologi informasi dan komunikasi via internet karena berbagai keterbatasan dimasa lalu sehingga mereka tak sempat mengikuti perkembangan aplikasi komputer dan internet.

Sebagai contoh kasus yang terjadi disekitar kita misalnya seorang bapak atau ibu yang berbisnis motor, rumah, tanah, produk pangan, produk kerajinan dan lain-lain yang selama menjajakan semua itu dengan cara klasik mulai sadar bahwa upaya yang dilakukan seperti tempel brosur / spanduk disana sini ternyata kalah luas jangkauannya dibandingkan dengan pesaing mereka yang menggunakan dunia maya sebagai cara menyebarkan informasi/ iklan.
Jika dulu para pendidik menggalakkan gerakan pengentasan “buta aksara” bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang tak sempat bersekolah, maka kini saatnya kita galakkan pula pengentasan “buta internet”. Tidak sedikit dari penyandang buta internet yang mulai menyadari akan kekurangannya dan ingin bebas dari kebutaan. Kemungkinan besar bukan saja khalayak umum, para guru yang berusia diatas 50-an tahun bahkan yang belum menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) tentu masih banyak yang ingin belajar aplikasi teknologi informasi dan komunikasi agar tak termasuk kategori sebagai kelompok penyandang “buta internet”.
Kursus aplikasi internet tersebut penting bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu penyajian materi pembelajaran kepada para siswanya yang notabene banyak bergaul dijejaring sosial. Para calon wira-usahawan juga disarankan untuk dapat mengaplikasikan internet dalam rangka memperkenalkan komoditinya kepada khalayak sebagai suatu langkah promosi yang tepat, murah dan praktis.
Menyadari hal itu, maka Bidang Pengembangan Informasi dan Teknologi IKAUT Pusat akan menyelanggarakan kursus praktek aplikasi internet tingkat pemula bagi masyarakat umum khususnya yang berdomisili disekitar Jabodetabek.
Materi yang akan diajarkan antara lain :
1. Membuat E-mail
2. Membuat Blog
3. Mengaplikasikan You Tube
4. Mengaplikasikan Microsoft Office Picture Manager
5. Mengaplikasikan Link ke Face Book
Peserta kursus 5 sampai 10 orang (1 grup) yang masing-masing domisilinya berdekatan. Kursus tersebut dilaksanakan hanya satu kali pertemuan pada hari sabtu atau minggu. Lokasi kursus dapat ditentukan berdasarkan kesepakatan grup dengan membocking warnet terdekat. Biaya bocking warnet dan transportasi tutor dalam wilayah Jabodetabek ditanggung oleh IKAUT Pusat, sedangkan untuk luar Jabodetabek biaya ditanggung oleh IKAUT Daerah.

Mohon kiranya rekan-rekan alumni UT ikut berpartisipasi mengajak teman atau tetangga terdekat yang ingin belajar internet agar segera mendaftarkan diri. Koordinator grup dapat menghubungi kami melalui E-mail : ikaut.alumni.ut@gmail.com. Tanpa bantuan rekan-rekan alumni mustahil informasi ini dapat diketahui oleh calon peserta. Atas partisipasi berbagai pihak dikhaturkan terimakasih, demikian sekilas info.

10 Responses to IKAUT Pusat Menawarkan Kursus Singkat Aplikasi Komputer dan Internet Tingkat Pemula

  1. c demplon tea says:

    mengisi tts

    • Admin2 says:

      Membuat dan mengisi TTS (Teka-Teki Silang) secara online bisa juga ditambahkan dalam jenjang pelatihan berikutnya yaitu bagi peserta tingkat lanjut bukan tingkat pemula.

  2. Mardin says:

    syalom,,,

    perkenalkan sy mardin mahasiswa UT baru dari Biak – Papua, sy ingin sekali ikut kusus aplikasi komputer dll dan apabila sy mendaftar dari biak cara pengajarannya bgmn..

    Salam..

    Mardin

    • Admin2 says:

      Pelatihan ini bersifat tatap muka yang dilakukan disebuah warnet. Warnet mana yang akan dipilih sebagai tempat pelaksanaan pelatihan ditentukan atas kesepakatan grup. Satu grup terdiri atas 5-10 orang atau disesuaikan dengan daya tampung warnet.
      Jika anda berada di daerah Biak, kami sarankan agar mengumpulkan teman-teman yang mau ikut pelatihan. Setelah terbentuk grup lalu kalian temui Ketua Alumni IKAUT di UPBJJ setempat guna membantu kelancaran kegiatan tersebut. Bila di daerah anda belum tersedia tenaga tutor, maka kami akan datang untuk mengisi acara pelatihan itu. Terimakasih atas respon saudara Mardin.

  3. J Triwiyanto says:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Bagus juga pelatihannya…….untuk tiap pengurus IKA-UT Wilayah yang berminat agar dapat diberikan pelatihan juga jadi bisa sebagai TENAGA PELATIH/TUTOR……

    Terimakasih,
    Wassalam
    J Triwiyanto, SE /Sekretaris IKA-UT Jakarta

    • Admin2 says:

      Betul sekali, IKAUT Wilayah boleh mengajukan para calon Tutor yang akan kami beri pembekalan agar nantinya mampu melatih peserta di wilayah masing-masing berdasarkan Silabus Pelatihan dari IKAUT Pusat. Tks

  4. SUGIYATNO KETAHUN says:

    Wah,…..bagus juga penyebaran ilmu informasi ini harusnya juga digarap para alumni daerah,…………….

    • SUGIYATNO KETAHUN says:

      Wah,………….bagus buanget kegiatan itu, untuk daerah harusnya digaraf juga. Sekiranya saya dapat mengikuti dan menguasai, insyalloh dengan senang hati akan mentrasfer kembali kepada rekan sesama alumni ataupun calon alumni yang gaptek internt.Terima kasih atas dimuatnya,………

    • Admin2 says:

      alumni didaerah perlu diberitau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *