IKAUT Pusat Berpartisipasi Sebagai Dewan Juri OPSI 2015 Disdik Bogor

Dewan juri

Pada hari Senin, 27 April 2015 hingga Rabu, 29 April 2015 telah berlangsung seleksi karya tulis peneliti remaja dalam ajang OPSI 2015 (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) di wilayah Kabupaten Bogor. Dalam penilaian karya tulis tersebut Ketua II IKAUT Pusat, Hadijaya MPd ikut berperan sebagai Ketua Dewan Juri.

Dalam sambutannya Hadijaya mengemukakan bahwa OPSI 2015 itu merupakan tindaklanjut dari undang-undang dan peraturan menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah telah mengembangkan dan melaksanakan program pembinaan bakat dan prestasi siswa tingkat Sekolah Menengah Atas melalui berbagai kegiatan kesiswaan diantaranya adalah OPSI 2015. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa berbakat dan berprestasi dapat memacu potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul; generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap tersebut hanya dapat dicapai melalui kegiatan yang mengakomodasi berbagai kecerdasan. Satu di antara cara yang dapat ditempuh adalah dengan mendorong siswa ke dalam aktivitas penelitian. Untuk menghidupkan kegiatan penelitian di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat dilakukan kompetisi penelitian ilmiah dalam berbagai bidang ilmu, yang diwadahi dalam suatu kegiatan yang disebut Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).
Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) bertujuan untuk memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; menjaring siswa yang memiliki bakat, minat dan kemampuan dalam bidang penelitian; menumbuhkembangkan rasa ingin tahu dan budaya meneliti di kalangan siswa SMA; dan dalam rangka untuk mendapatkan hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia adalah termotivasinya kreasi dan munculnya rasa ingin tahu untuk melakukan penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; terjaringnya siswa yang memiliki bakat, minat dan kemampuan dalam bidang penelitian; berkembangnya budaya penelitian di kalangan siswa SMA; terjaringnya hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.
OPSI 2015 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor tersebut terbagi dalam dua bidang yaitu Bidang MIPA dan Bidang Sosial. Bidang MIPA mencakup 4 kategori antara lain Sains, Matematika, Teknologi dan Rancangbangun. Sedangkan Bidang Sosial meliputi Ekonomi, Budaya, Sejaran dan Sosiologi/ Antropologi.
Hadijaya, MPd yang bertindak selaku ketua Dewan Juri menyatakan bahwa apresiasi dari pihak Disdik Kabupaten Bogor sangat baik, hal ini terbukti dari keikutsertaan siswa berbagai SMA se Kabupaten Bogor mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun lalu. Jumlah karya tulis ilmiah remaja pada ajang olimpiade penelitian siswa tersebut mencapai hampir 200 makalah.
Disdik Kabupaten Bogor menetapkan kategori Juara 1, 2 dan 3 serta Juara harapan 1,2 dan 3 untuk masing-masing Bidang (MIPA dan Sosial), sehingga terdapat 48 peluang juara. Kompetisi berlangsung cukup seru dan berakhir pada hari Rabu 29 April 2015 hingga pukul 20.00 Wib.

DSCN1195

Presentasi pesertaPresentasi peserta

Dewan juri

Dewan juri, Baharudin, Hadijaya, Bambang Widada

DSCN1219

DSCN1230

DSCN1258

Diantara produk yang dibuat siswaBiodiesel berbahan dasar biji rambutan

Drs. Hidayat, MPd

Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Kabupaten Bogor.

Foto-0089

Foto-0092

DSCN1212Foto-0073

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *