IKA UT Malang Mensosialisasikan Hasil Rakernas IKA UT

SOSIALISASI HASIL RAKERNAS IKA UT PUSAT TAHUN 2015

Oleh IKA UT Wilayah Malang di IKA UT Cabang Blitar

 

Rakernas IKA UT yang dihadiri oleh Pengurus Pusat dan perwakilan Pengurus Wilayah seluruh Indonesia yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 22 November 2015 bertempat di Gedung Serbaguna Universitas Terbuka, Pondok Cabe – Tangerang.

Menindaklanjuti agenda kegiatan IKA UT Pusat tersebut, maka setelah kembali ke wilayah masing-masing segera menyampaikan hasil Rakernas IKA UT kepada para alumni UT di wilayah maupun cabang termasuk juga pada calon alumni. Hal ini dilakukan supaya Hasil Rakernas IKA UT tidak hanya seperti angin lalu. Serta di masing-masing cabang dapat menjalankan hasil Rakernas untuk lebih mengembangkan IKA UT dan meningkatkan peran serta demi kemajuan Universitas Terbuka.

Demikian halnya dengan IKA UT Wilayah Malang, membuat gebrakan cepat mengadakan sosialisasi Hasil Rakernas IKA UT dengan pembicara Ibu Anik Muawanah sebagai Perwakilan dari IKA UT Wilayah Malang. Dalam sosialisasi ini juga sekaligus aktivasi Kartu Tanda Anggota IKA UT bagi para mahasiswa yang sudah Yudisium serta para alumni yang baru saja lulus sekitar 208 mahasiswa.

ika malang artikel

Pelaksanaan Sosialisasi Hasil Rakernas IKA UT Wilayah Malang ini diawali dari IKA Cabang Blitar. Didasarkan atas keaktifan IKA UT Cabang Blitar yang termasuk paling aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan terkait dengan program-program IKA UT. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme para peserta sosialisasi ini yang membludak, karena tidak hanya dari Alumni namun juga diikuti oleh para Mahasiswa Aktif serta Calon Alumni. Kegiatan menjadi menarik ketika Pembicara menyampaikan beberapa Hasil Rakernas IKA UT, diantaranya tentang Program Beasiswa yang akan digulirkan, pembentukan Paguyuban alumni di daerah serta IKA UT turut serta mendukung adanya Gerakan Go Green yang dicanangkan Universitas Terbuka.

Go Green menjadi daya tarik tersendiri diantara program-program itu. Hal ini tak lepas dari para peserta yang sebagian adalah Mahasiswa Aktif UPBJJ UT Pokjar Blitar Raya berdomisili di seluruh wilayah Blitar baik Kabupaten maupun Kotamadya. Selain daripada itu, Go Green diharapkan dapat memberi andil pada peningkatan penghijauan di Blitar dan sekitarnya yang segi geografisnya sebagian pegunungan serta masih memiliki bukit-bukit atau lahan gersang.

 

ika malang artikel 2

 

Selain penyampaian Hasil Rakernas IKA UT, dalam kegiatan ini juga diselipkan agenda Refleksi Kegiatan Tutorial 2015.2 serta penyampaian program-program baru Universitas Terbuka. Agenda refleksi rutin diadakan oleh UPBJJ UT Malang yang didukung penuh oleh IKA UT Wilayah Malang serta IKA UT Cabang Blitar. Sebagai wujud sumbangsih IKA UT Wilayah maupun Cabang untuk membantu mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi atau mengungkapkan ide-idenya terkait dengan Tutorial baik yang Tatap Muka maupun Tutorial Online. Kegiatan sederhana ini mampu memberi motivasi mahasiswa untuk lebih mencintai Universitas Terbuka, lebih memahami bagaimana belajar di Universitas Terbuka, dan tak ketinggalan menjadikan para mahasiswa berani bicara di depan umum.

 

ika malang artikel 3

 

Diantara kegiatan ini IKA UT Wilayah Malang juga memberikan secara simbolis Kartu Tanda Anggota IKA UT pada mahasiswa calon alumni serta mahasiswa yang sudah lulus oleh Perwakilan IKA UT Wilayah Malang. Tak ketinggalan, diadakan pula hiburan musik sebagai salah satu kegiatan ekstra IKA UT Cabang Blitar. Selingan musik sebagai sarana untuk memecah suasana, agar tidak berlangsung kaku serta smenjadi wadah bagi mahasiswa serta alumni untuk menunjukkan kebolehannya dalam olah suara.

ika malang artikel 4

 

Kegiatan berjalan lancar hingga usai, dengan antusiasme peserta yang enggan beranjak dari tempat duduk ketika sudah ditutup oleh Perwakilan IKA UT Wilayah Malang. Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua Civitas Akademika Universitas Terbuka pada umumnya. Khusunya bagi UPBJJ UT Malang, IKA UT Wilayah Malang, IKA UT Cabang Blitar, Mahasiswa, serta Alumni Universitas Terbuka. Sehingga semua bias saling bersinergi dan memperkuat jaringan untuk mendukung Universitas Terbuka membangun pagar bangsa. (AM/Blitar)

ika malang artikel 5

ika malang artikel 6

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *