IKA-UT Cabang Wonogiri Gelar Pelatihan Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Informasi

Pelatihan

Hari Minggu, 19 Mei 2013, tepat pada Hari Jadi Wonogiri, Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT) Cabang Wonogiri menggelar acara Pelatihan Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Informasi.

Ketua IKA-UT Cabang Wonogiri, Giyarto, mengungkapkan, acara ini terselenggara atas kerja sama IKA-UT Cabang Wonogiri dan Pengurus Pusat IKA-UT. Menurutnya, acara ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan ilmu teknologi tepat guna dan ilmu teknologi informasi bagi para alumni UT di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Acara ini dihadiri juga oleh Sekretaris Jenderal IKA-UT Pusat, Drs. H. Sudarmanto, MM (Leles) yang juga berasal dari Wonogiri. Dalam sambutannya, Sudarmanto mengungkapkan, Alumni Universitas Terbuka diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dan sumbangan ilmu yang bermanfaat bagi lingkungannya. Lebih lanjut Sudarmanto berharap masyarakat Wonogiri khususnya Alumni UT bisa mengembangkan dan memaksimalkan apa yang ada di sekitarnya.  Mengingat bahwa Wonogiri menyimpan banyak potensi yang selama ini belum maksimal pengelolaannya. Sehingga sosialisasi ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan potensi yang ada. IKA-UT Pusat siap memberikan bantuan berupa tenaga pengajar dan pelatih untuk acara-acara serupa. Diharapkan nantinya acara seperti ini dapat dilaksanakan di tingkat kecamatan sehingga seluruh Alumni UT mendapatkan tambahan ilmu.

Pelatihan sehari yang dilaksanankan di Brumbung, Wonogiri ini diisi dua materi. Materi pertama, tentang teknologi tepat guna, disampaikan oleh Hadijaya, S.Pd, M.Pd, Kepala Bidang IT IKA-UT Pusat, yang notabene adalah fungsional Penelitian dan Perekayasaan (Litkayasa) di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Kawasan Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong Banten.

Materi kedua, tentang Pengenalan Teknologi Internet, yang disampaikan oleh salah satu aktivis internet, yang juga merupakan kru GGLink Radio Online, Eko Prih Hartanto.

Acara yang dihadiri sekitar 50 anggota IKA-UT Wonogiri ini berakhir pada pukul 14.00 WIB. Salah satu peserta dari Batuwarno, Sutarti  mengungkapkan, merasa sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini karena menambah pengetahuan. Dia berharap, acara ini dapat sering-sering diadakan, dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi.

“ Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini, karena menambah wawasan dan ilmu saya. Sepulang dari sini saya akan mencoba menerapkan Terong Kurma, terong mudah di dapat dari petani di daerah timur Wonogiri, dan semoga ilmu yang saya dapat ini bisa berguna untuk saya pribadi dan masyarakat  Wonogiri pada umumnya” ungkap Tedy, peserta asal Purwantoro.

2 Responses to IKA-UT Cabang Wonogiri Gelar Pelatihan Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Informasi

  1. Galih Tri M says:

    informasi ini bermanfaat, skarang pngetahuan saya menjadi lebih banyak, setelah baca informasi dari anda.

  2. Hadijaya says:

    terimakasih atas responsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *