Bidang PIT – IKAUT Pusat Membudidayakan Jamur Kombucha

foto2

-HADIJAYA-

Pada pertengahan tahun duapuluhan, suatu jenis jamur teh terdistribusikan secara luas dengan berbagai nama seperti : Mo-Gu, Fungojapon, Volga, Kvas atau Kombucha. Jamur teh Kombucha selain sebagai minuman segar juga digunakan sebagai obat pencahar (sembelit). Kehadiran kombucha tea di Indonesia kemungkinan dibawa bersama serdadu Jepang saat masa penjajahan lalu. Ketika itu kombucha tea digunakan sebagai anti sembelit guna memperlancar buang air besar.

Teh kombucha merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi ekstrak teh yang diberi gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dengan masa inkubasi selama 7-10 hari.

Jamur kombucha atau kombucha tea terdiri dari gelatinoids serta membrane jamur yang kenyal dan berbentuk lempengan bulat serta hidup dalam lingkungan nustrisi teh-manis. Kombucha tea akan tumbuh secara berulang sehingga membentuk lapis-lapisan. Kombucha tea selain bisa digunakan sebagai minuman penyegar, bisa pula digunakan sebagai obat penyembuh penyakit. Kombucha tea merupakan sejenis suplemen dan bukan obat.
Beberapa asam organik yang dihasilkan oleh Kombucha tea yang dapat meningkatkan bifidobakteri yang kemudian dapat membantu proses pemulihan keseimbangan kesehatan dengan bakteroides, diantaranya adalah :
1. Asam asetat, yang merupakan antiseptic dan inhibitor pada bakteri pathogen.
2. Asam laktat, yang penting bagi pencernaan dan untuk menambah energi yang dihasilkan oleh liver.

Berdasarkan berbagai informasi diketahui bahwa asam organik yang diproduksi Kombucha tea mempunyai pengaruh langsung terhadap organ tubuh, asam organic tersebut antara lain adalah :
1. Asam glokuronat, biasanya diproduksi oleh hati, yang merupakan suatu detoksifier dan dapat diubah menjadi glucosamines, penyangga system kerangka manusia.
2. Asam usnic, memiliki kualitas antibiotik yang dapat menonaktifkan virus.
3. Asam sitrat, merupakan antiaskorbik.
4. Asam oksalat, mendorong pembentukanenergi.
5. Asam malat, dapat membantu hati melakukan detoksifikasi.
6. Asam glukonat, merupakan penghasil gula yang dapat menghancurkan asam kaprilat untuk bekerja secara simbiosis dengan asam butirat (dihasilkan oleh ragi), yang dapat melindungi membrane sel dan bersama dengan asam glukonat yang dihasilkan oleh bakteri, memperkuat dinding usus agar dapat melawan infeksi seperti candida, dan asam nukleat, seperti asam ribonukleat (RNA) dan asam dinukleat (DNA), yang mentransformasikan informasi kepada sel tentang bagaimana bekerja yang baik dan melakukan regenarasi.

Berbagai penelitian mengenai Kombucha telah dilaksanakan serta dibicarakan efektivitas penyembuhannya yang berbasiskan pada asam glukonat serta glucoronic-acid, lactic-acid, acetic acid, serta berbagai macam vitamin C dan kelompok vitamin B yang sangat mujarab untuk menunjang kesehatan.

Sebagaimana telah dibuktikan oleh para peneliti di Rusia, bahwa banyak komponennya mengandung zat-zat yang memiliki sifat antibiotik serta penawar racun, dimana zat-zat tersebut mempunyai peranan penting dalam proses biokimia tubuh manusia. Minuman teh Kombucha efektif untuk kegiatan perut serta usus, khususnya pada bagian pembuangan.

Mereka yang pernah mencobanya menyatakan bahwa jamur ini bisa menyembuhkan pusing kepala, tetapi yang lain juga menyatakan  bahwa “jamur ini sangat berguna dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Beberapa pakar melaporkan bahwa jamur ini kebanyakan digunakan sebagai pengatur (regulator) atau untuk penyembuh aktivitas organ pencernaan yang kurang baik jalannya. Demikian juga halnya dengan pembengkakan disekitar dubur atau anus dapat disembuhkan seperti wasir atau ambein.
Jamur ini adalah obat untuk encok atau rematik pada persendian  dapat digunakan sebagai obat penyembuh berbagai penyakit, terutama sembelit.
Jamur tersebut mempunyai pengaruh kuat dalam pembentukan dinding-dinding sel baru pada proses regenerasi sel dan merupakan alat penyembuh yang sangat baik bagi arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh darah yang disebabkan oleh endapan cholesterol maupun kapur.
Penyebaran secara ekstensif untuk memproduksi Tee-Kwass sebagai penyembuh terhadap gangguan pencernaan, akan sangat disukai oleh berbagai macam lapisan masyarakat.
Rasa segar dari teh-jamur ini sangat menyenangkan dan efeknya juga akan sangat menguntungkan bagai para pemakainya. Rasa dari teh yang sudah terfermentasi oleh jamur Kombucha ini, sungguh sangat nikmat. Efeknya terhadap tubuh akan terasa dengan sangat cepat. Jamur kombucha bekerja terutama membersihkan darah dan sebagai pembersih racun didalam sel-sel tubuh, sehingga dikatakan sebagai obat yang mujarab bagi kebersihan kulit wajah (jerawat).

Kombucha tea sangat baik bagi penyembuh sakit kepala yang kontinu atau menahun, nyeri-nyeri pada anggota badan, penyakit encok yang menyebabkan sendi-sendi tangan membengkak karena adanya endapan kristal asam urea, rematik tulang serta masalah-masalah lanjut usia lainnya.
Terlebih jauh, maka Kombucha tea akan meningkatkan metabolisme tubuh secara meyakinkan dan dengan demikian membersihkan tubuh melalui jalan a.l. membuang segala macam racun penyakit didalam tubuh yang merongrong kesehatan. Bisa dikatakan bahwa cairan Kombucha tea adalah pencegah yang sangat bagus terhadap diabetes.
Kombucha tea dapat membantu untuk mengatasi migrant, pencernaan, masalah kulit, penyakit insomnia, remisi selulosa, ashma, kurang energi, mengurangi kerutan, mempertahankan warna rambut, mempertahankan daya ingat, meningkatkan kemampuan seks, mengatasi cellulite, menurunkan berat badan, alergi, sakit kepala, rematik, encok, bronchitis dan lain-lain.

Cara Membiakkan Kombucha tea sebagai berikut :
1. Lakukan ekstraksi daun teh, yaitu 10 gr daun teh hijau/ hitam dimasukan ke dalam 1 liter air panas/ mendidih lalu biarkan sampai dingin.
2. Lakukan Penyaringan dengan tujuan untuk memisahkan ekstrak teh dari ampasnya.
3. Mencampurkan ekstrak teh dengan 10 sendok gula pasir dan diaduk rata sampai gula larut semuanya.
4. Masukkan potongan Kombucha gel seukuran kuku jempol kedalam ekstrak the manis, aduk sebentar lalu tutup dengan rapat agar tikus, semut, lalat dan kecoa ataupun debu serta pollutan lainnya tidak bisa masuk. Selanjutnya disimpan pada suhu kamar selama 7-10 hari.
5. Lapisan gel yang terbentuk setelah melampaui masa seminggu itu dipisahkan dan cairan hasil fermentasi dan disimpan dalam toples lainnya. Cairan hasil fermentasi disaring supaya bersih dari residu dan diperoleh cairan kombucha tea yang siap dikonsumsi akan lebih nikmat bila diminum bersama batu es. Cairan kombucha tea sebaiknya diminum segelas tiga kali sehari.
6. Setiap kali selesai fermentasi pada saat pemisahan selalu disisakan 10%  untuk keperluan pembuatan Kombucha tea berikutnya dan usahakan diperbanyak dengan menyedian sejumlah toples.
Perlu dimaklumi bahwa keberadaan jamur kombucha hanya dari tangan ke tangan dan sulit diperoleh secara luas. Di toko obat sekalipun, masih jarang ditemukan. Menyadari hal itu maka Penelitian dan pengamatan pertumbuhan jamur kombucha tea mulai dilakukan oleh Bidang Pengembangan Teknologi IKAUT Pusat sejak 4 tahun lalu melalui jalur pembinaan Komunitas Ilmiah Remaja di wilayah Kota Tangerang dan Bogor. 

Hingga kini Kepala Bidang Pengembangan Informasi dan Teknologi (Bidang PIT) IKAUT masih membudidayakan jamur kombucha tersebut. Penelitian yang pernah dilakukan adalah untuk memperdalam pengetahuan dan menguasai teknologi pembiakan jamur kombucha dengan mengkaji pengaruh penambahan gula terhadap pertumbuhan jamur kombucha. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat membiakkan jamur kombucha tersebut dan menyimpannya dalam waktu yang lama. Mengingat berbagai khasiat yang terkandung didalamnya maka kombucha tea ini perlu diperkenalkan pada masyarakat. Harganya relatif murah hanya lima puluh ribu rupiah per-toples (untuk luar Jabodetabek ditambah ongkos kirim, silahkan kontak Bidang Pengembangan Teknologi IKAUT Pusat melalui E-mail : ikaut.alumni.ut@gmail.com).
Untuk Pelatihan bagi siswa sekolah atau kelompok kegiatan kepemudaan, silahkan kontak kami di HP/WA : 08128727937

6 Responses to Bidang PIT – IKAUT Pusat Membudidayakan Jamur Kombucha

  1. dadang safaat says:

    kalo saya mau beli bibitnya bagaimana? pls contact saya di 085218246753

  2. Antoni Wangsaredja says:

    Cara pemesanan Bagai mana dan berapa harganyab

  3. Hadijaya says:

    Untuk sementara waktu pengiriman lewat pos tdk dpt kami lakukan krn mahal. Kami hanya mengirim permintaan disekitar Tangerang selatan, dmk

  4. hendy says:

    mohon info secepatnya alamatnya.atau hub 0878 8787 4560 urgent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *