Alumni UT Sangat Mandiri

735

Dramaga | Sekolah sebagai pusat peradaban, kini benar-benar dimanage dan disempurnakan oleh guru dan alumni Universitas Terbuka (UT) yang tersebar di seantero Nusantara, termasuk Bogor yang hari ini, Rabu (26/3) mewisuda sekitar 1.500 mahasiswa/i dari berbagai jurusan di Graha Widya Wisuda di IPB Dramaga, Kabupaten Bogor.
Sebagai sutradara inspiratif dan siap menjadi teladan peserta didik di sekolah-sekolah dan instansi lain paska disahkannya kurikulum 2013, alumni UT dinilai sangat mandiri, dan berkomitmen kuat mengisi kekurangan yang dirasa masih ada pada perjalanan menjadikan sistem pendidikan di negeri ini menjadi lebih paripurna.
“Apapun kritik yang muncul dari penerapan kurikulum 2013, butuh sentuhan manajemen yang jitu untuk melaksanakannya, sehingga kesan terburu-buru dalam menerapkan kurikulum itu tak malah jadi bumerang. Guru yang harus menyempurnakan,” ungkap Prof Dr H Moh. Wahyudin Zarkasyi, CPA, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada seminar nasional di Graha Widya Wisuda di IPB Dramaga yang dibuka oleh Kepala UPBJJ UT Bogor, Drs Budi Utoyo, MA, Selasa (25/3).
Wisudawan UT itu berasal dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Cianjur. Kualitas alumni UT itu didukung, antara lain dengan telah diraihnya ISO tiga kali berturut-turut, yakni bidang layanan bahan ajar (ISO 9000/2001 pada 2007), layanan bahan ajar dan bahan ujian (ISO 9001/2008 pada 2010), serta manajemen pendidikan jarak jauh (ISO 9001/2008 pada 2014).
“Ke depan, kami konsisten dengan implementasi jaminan kualitas pada semua lini. Intinya adalah registrasi yang clean and clear, ketepatan distribusi bahan ajar, dan tutorial, sehingga bisa meningkatkan prestasi terbaik di Asia dan keenam di dunia dalam menatap Indonesia emas 100 tahun kemerdekaan,” ungkap Abah, sapaan akrab pria yang sejak 1985 bergabung dengan UT, setelah didirikan pada 4 September 1984 itu. Kini, terdapat 13.000 mahasiswa aktif UT, termasuk 8.000 orang yang registrasi.
Para alumni UT itu, menurut Abah, sangat mandiri dan berkomitmen tinggi, mereka tak perlu disuruh-suruh untuk mendalami ilmu di berbagai jurusan dan program studi. Di Indonesia, kini tercatat ada 39 UPBJJ UT dengan 1,3 juta alumni, termasuk di luar negeri. Di bawah kepemimpinan Prof Ir Tian Belawati, MEd, PhD selaku rektor, UT terus berbenah, termasuk di Bogor akan menempati gedung baru tiga lantai di atas lahan seluas 3.200 meter persegi.
“Dengan begitu, lulusan UT tak perlu minder, apalagi ragu-ragu menjadi sutradara handal ketika tampil sebagai teladan peserta didik. Gurunya sengaja minimal S-1, yang diajar adalah calon presiden, gubernur, bupati, walikota, yang syaratnya minimal SMA. Syukur-syukur kelak bakal muncul pemimpin dari UT,” tandas Zarkasyi yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran itu ketika berdialog dengan alumni UT.
Ia sangat yakin, para guru jebolan UT mampu menjadi teladan peserta didik, karena mereka lahir dari rahim ibu yang hebat dan telah berkiprah sejak masa sumpah pemuda 85 tahun silam.
“Sesuai dengan mukadimah UUD 1945, guru dimotivasi agar bangkit mencerdaskan bangsa (sumber daya manusia), baru mengolah sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian, sehingga terwujud kesejahteraan. Siklus itu jangan dibolak-balik, apalagi kelas menengah kita pada 2030 mencapai 135 juta, saat ini 45 juta dari 235 juta penduduk Indonesia, peran guru sangat strategis dalam mewarnai sistem pendidikan nasional kita. Bonus demografi dari Tuhan itu jangan sampai berubah jadi musibah, tapi mesti dikelola secara inovatif dan kreatif, di antaranya melalui kurikulum 2013 yang diusahakan mampu membangun karakter bangsa. Di sinilah dibutuhkan keteladanan sikap dan kharisma guru yang pada akhirnya mampu mengubah sikap hidup atau karakter peserta didik,” tandasnya.

(Mochamad Ircham – Redaktur Jurnal Bogor)

( berita Seminar UT di harian jurnal bogor, berita ini atas kerjasama Jurnal Bogor dan IKA-UT Wilayah Bogor- Kiriman: Abdul Haris Maraden)
Beritanya dapat dilihat di: jurnalbogor.co/?p=41691

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *